SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENGAJAR TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA TK.BINA MULIA CIBITUNG

Muhammad Khaerudina, Andy Achmad Hendharsetiawan, Dedi Setiadi, Noor Muhammadi, Noor Permadi

Sari


Taman kanak-kanak (TK) Bina Mulia Cibitung bergerak dibidang pendidikan anak usia dini. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menciptakan suasana dan proses belajar agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya sejak dini. Tugas pendidikan sangat penting sebagai salah satu faktor pendorong dalam pembangunan sumber daya manusia dengan tujuan meningkatkan kapasitas masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Guru atau tenaga pengajar terbaik memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan serta kemajuan didalam dunia pendidikan. Dan yang jadi penentu dalam pemilihan pengajar terbaik biasanya dilihat dari beberapa faktor, misal kerajinan, kedisiplinan dan lain sebagainya, namun dengan cara tersebut kurang begitu efektif karena tidak bisa dipertanggung jawabkan terkait keakuratannya. Penelitian ini bertujuan untuk penentuan pengajar terbaik pada dengan menggunakan sistem pendukung keputusan sebagai metodenya yaitu TOPSIS (Technique For Others Preference by Similarity to Ideal Solustion). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode TOPSIS dapat digunakan  untuk memudahkan menentukan pengajar terbaik dengan akurat.

 

Kata Kunci : SPK, pengajar terbaik, TOPSIS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. Khaerudin, Mayadi, Rasim, and Mugiarso, “Pelatihan Perakitan Komputer Pada Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa Al-Ikhlas Bekasi,” J. Comput. Sci. Contrib., vol. 1, no. 1, pp. 85–94, 2021.

D. Khaerudin, Muhammad; Budi, “Model Kepuasan Orang Tua/Wali Siswa Berdasarkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Sekolah Secara Berkelanjutan (Studi Kasus TK. Bina Mulia),” J. Inform. Inf. Secur., vol. 2, no. 1, pp. 11–22, 2021.

M. Awaludin and L. V. Amelia, “Penerapan Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Lisrel Terhadap Perbedaan Tarif Penerbangan Pada Penumpang Domestik Di Bandara Halim Perdanakusuma,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 9, no. 1, 2022.

M. Awaludin and H. Mantik, “PENERAPAN METODE SERVQUAL PADA SKALA LIKERT UNTUK MENDAPATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPUASAN PELANGGAN Muryan Awaludin 1 , Hari Mantik 2 , Fadli Fadillah 3 1,” J. Sist. Inf. Univesitas Suryadarma, vol. 10, no. 1, 2023.

D. Wira, T. Putra, S. Noviasanti, G. Y. Swara, and E. Yulianti, “Metode topsis dalam sistem pendukung keputusan pemilihan objek wisata,” vol. 8, no. 1, pp. 1–6, 2020.

A. Rowikarim, “Mengajar yang efektif menjadi penentu kualitas seorang guru,” pp. 40–50, 1907.

A. F. Siddiq and U. W. Bandung, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Technique for Order by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS),” vol. 4, no. 1, pp. 398–412, 2012.

A. A. Chamid, “PRIORITAS KONDISI RUMAH,” vol. 7, no. 2, pp. 537–544, 2016.

J. Manajemen and S. Informasi, “Expert.”




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v10i2.1073

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: