PEMESANAN TIKET KERETA API ONLINE (E-Ticketing) MENGGUNAKAN APLIKASI KAI Access

Minda Mora Purba

Sari


Dalam era teknologi ini, untuk menangani beberapa kendala yang terdapat pada pemesanan tiket secara konvensional seperti menumpuknya antrian di stasiun, keterbatasan waktu yang dimiliki oleh konsumen, proses penyampaian informasi mengenai harga tiket untuk hari keberangkatan atau tanggal sebelumnya yang tidak dapat diproses, maka pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan solusi melalui aplikasi KAI Access yang akan mempemudah pemesanan tiket, proses transaksi yang cepat, mengurangi biaya operasional saat pemesanan tiket, penyampaian informasi mengenai jadwal dan harga tiket yang dapat diakses secara cepat. Dengan mengunduh aplikasi KAI Access menjadikan loket serasa digenggaman, seperti slogannya ‘beli tiket semudah update status’ merupakan salah satu campaign PT. KAI dalam program beli tiket itu mudah.

 

Kata kunci : tiket, KAI, aplikasi, online, internet, smartphone, tiket online


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Turban, Leidner, McLean, and Wetherbe, Information Technology for Management, 6th ed.: John Wiley & Sons (Asis) Pte Ltd, 2008.

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

William H DeLone, Ephraim R. McLean, "The DeLone and McLean Model of Information Systems Success : A Teen-Year Update," Journal of Management Information System, vol. 19, pp. 9-30, 2003.

Raymond McLeod and George P Schell, Management Information Systems, 10th ed.: Pearson/Prentice Hall, 2007.

Juhani Livari, "An Empirical Test of The DeLone – McLean Model of Information System Success," The Database for Advance in Information System (DFA), vol. 36, no. 2, 2005.

Guy G Gable, Darshana Sedera, and Taizan Chan, "Enterprise Systems Success : A Measurement Model," in Proceeding Tewnty- Fourth International Conference on Information Systems, Seattle, USA, 2003, pp. 576-591.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Uma Sekaran, Metode Penelitian untuk Bisnis, 4th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Singgih Santoso, Analisis SEM Menggunakan AMOS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2012.

Setyo Hari Wijanto, Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8 : Konsep dan Tutorial. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Wilkie, L, Consumer Behavior, 4th ed. New York: John Wiley & Son, 1994.

Priyanto Doyo Utomo, Analisis Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Operator Telepon Seluler.: Thesis: Universitas Gajah Mada, 2006.

- Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 12, No. 2, Juni 2015, pp.204 - 211 ISSN 1693-2390 print/ISSN 2407-0939 online (1 Mei 2019, 19.00)

- http://rendr23.blogspot.co.id/2015/02/e-ticketing.html?m=1 (20 April 2019, 15.00)

- Sistem Informasi Pelayanan Tiket Kereta Api dengan JSP [online]. Tersedia: http://repo.eepis-its.edu/567/1/926.pdf

- http://anishaym.blogspot.co.id/2014/11/s (20 April 2019, 15.00)

- http://m.tiket.com/faq/kereta-apiHome FAQ Kereta Api (20 Mei 2019, 17.00)

- http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_ticket




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v6i2.324

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: