Optimasi Userinterface Aplikasi Mobile Maxim Menggunakan Usercentered Desain (Ucd) Dengan Menerapkan Knowledge Management

Ummu Hairah, Hario Jati Setyadi, Muhammad Labib Jundillah

Sari


Persaingan ketat di industri transportasi online mendorong Maxim untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna. Berdasarkan observasi dan pengujian usability pada 20 pengguna, aplikasi Maxim memperoleh skor SUS 56,23 (grade D, rating poor). Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan perancangan ulang UI/UX menggunakan metode User Centered Desain (UCD), usability testing, dan penerapan knowledge management. Data yang digunakan berupa kualitatif (wawancara) dan kuantitatif (kuesioner SUS).Proses redesain mencakup penyusunan UML (use case, activity, sequence, dan class diagram) serta pembuatan wireframe, mockup, dan prototipe yang interaktif. Hasil pengujian dengan Maze menunjukkan kemudahan penggunaan dengan skor 93%, sementara hasil SUS meningkat menjadi 81,25 (grade A, rating Excellent). Peningkatan 24,62 poin ini menandakan desain baru lebih informatif, mudah digunakan, dan meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan. Hasil redesain dinilai berhasil membantu Maxim bersaing di pasar yang kompetitif dengan meningkatkan retensi pengguna.


Kata Kunci


Maxim;UCD;UIUX;Knowledge Management;Usability testing;UML

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiifah, K., Azzahra, Z. F., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review. Intech, 3(2), 18-22 ’Afiifah, K., Azzahra, Z. F., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review. Intech, 3(2), 18–22. https://doi.org/10.54895/intech.v3i2.1682

Awaludin, M., Yasin, V., & Risyda, F. (2024). The Influence of Artificial Intelligence Technology, Infrastructure and Human Resource Competence on Internet Access Networks. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.25139/inform.v9i2.8109

Cavanaugh, A. B. (2021). Analisis dan Perancangan UI/UX Dengan Metode User Centered Design Pada Website DLU FERRY. 6.

Daffa, T., Dakhilullah, A., & Suranto, B. (2021). Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star. Jurnal Informatika, 10(1), 1–7.

Damayanti, U. S. (2022). Penerapan Aplikasi Metode Certainty Factor Terhadap Penyakit Kehilangan Kemampuan Indra Penciuman Pada Covid-19. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.

Fatwa, A. N., & Nafisah, S. (2021). Evaluasi kebermanfaatan perpustakaan digital dengan pendekatan Usability Testing: Studi pada Perpustakaan Digital Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i1.3419

Gunawan, G., Agustina, M., & Kunang, S. O. (2020). Penerapan Knowledge Management System Pada Bidang Pelayanan Di SMA Satria Nusantara. Journal of Software Engineering Ampera, 1(1), 15–26. https://doi.org/10.51519/journalsea.v1i1.11

Haikal, M. F., & Suharto, E. (2021). Penerapan User Centered Design (UCD) Dalam Peningkatan Ketergunaan Sistem Informasi “SiCantik” Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kota Medan. Jurnal Masyarakat Informatika, 12(2), 78–92. https://doi.org/10.14710/jmasif.12.2.41755

Khadijah. (2022). Studi Perbandingan Metodologi UI/UX. Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 2(4), 292–301.

Liana, Yinna, Chen, M., & Rahmah, F. (2024). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN PADA PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM. 2(1), 9–19.

Pressman. (2021). Pengembangan Sistem Model Waterfall. Waterfall.

Putri, A. R. M., Setiawan, A. A., Silalahi, Y. J. P. S., & Setyodewi, S. (2024). ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI MAXIM DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN(UCD). JURSISTEKNI, 6, 339–350.

Setiawan, R. (2021). RANCANG BANGUN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM UMKM DALAM MENJARING REKANAN BISNIS BERBASIS WEB (Studi Kasus: Kota Bogor).

Sonani, N., & Yulia, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan. Jurnal Visionida, 7(1), 15–21.

Sugama, M. Y. (2023). Analisis kebutuhan User Interface Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Untuk Penerapan Knowledge Management System (Studi Kasus: PT Hashmicro Solusi Indonesia). 31–41.

Wahyuningrum, T. (2021). Mengukur Usability Perangkat Lunak. (1596), 96.

Welda, W., Putra, D. M. D. U., & Dirgayusari, A. M. (2020). Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus)s. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(3), 152–161. https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i2.28864




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v12i1.1347

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: