IMPLEMENTASI METODE WATERFALL SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN SUKU CADANG MOTOR AHASS 09636 CV.RAJA MOTOR

Fitria Risyda, Yamin Nuryamin

Sari


Abstraksi

AHASS 09636 CV.RAJA MOTOR bengkel motor resmi honda yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa dan penjualan suku cadang kendaraan roda dua.Suku cadang motor sangat penting dalam industri otomotif, karena setiap pemilik kendaraan harus di beberapa titik waktu mengganti yang rusak pada bagian motor. Perkembangan dunia otomotif saat ini begitu pesat, sehingga kebutuhan akan perlengkapan otomotifnya akan mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan otomotifnya. Berdasarkan pengamatan penulis pada bengkel AHASS 09636 CV.RAJA MOTOR yakni pada saat observasi yaitu persediaan suku cadang masih mengalami permasalahan dimana pendataan suku cadang masih mengalami permasalahn dimana pendataan suku cadang masih dikerjakan secara konvensional dengan dicatat dalam buku-buku saja tanpa adanya proses pengolahan menggunakan komputer sehingga proses pengerjaan memakan waktu yang lama dan juga tenaga yang tidak sedikit, dan pada  saat menulis data suku cadang yang dicatat hanya kode barang dan nama barang beserta jumlah tanpa adanya keterangan lebih terperinci pada buku persediaan suku cadang dan pada saat pelanggan yang datang dan ingin membeli suku cadang namun pegawai yang melayani terkadang tidak tahu barang tersebut masih ada ataupun sudah habis, dikarenakan tidak adanya laporan suku cadang dan persediaan suku cadang yang akan segera habis atau sudah  habis, untuk itu diperlukan pencatatan secara system agar proses pelaporan secara mudah dilakukan dan di kerjakan. Dengan implementasi metode waterfall system di buat secara terarah sehingga system setiap terjadi permasalahan akan terbaca dengan dipadukan metode blackbox testing dan whitebook testing pengujian pun akan semakin detail untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan program.

 

Kata kunci: metode waterfall,sistem informasi,suku cadang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fowler, Martin. 2005. UML DISTILLED Edisi 3, Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar. Yogyakarta. Andi Publisher

Kroenke, David M. 2005. Database Processing Jilid 1 edisi 9, halaman 60. Erlangga

Pressman, R.S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi(Buku Dua). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rosa, AS dan Salahuddin, M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung. Modula.

Rosidin, & Lubis, B. O. (2017). Implementasi Program Persediaan Barang pada CV . Ardho Teknik Bekasi. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, (2), 172–180.

Solihin dan Nusa, 2017. Rancang bangun sistem informasi penjualan, pembelian dan persediaan suku cadang pada bengkel tiga putra motor garut. Jurnal Infotronik Volume 2, No. (2):hal 107-115

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.

Sugiarti, Yuni. 2013. Analisis dan Perancangan UML (Unified Modelling Language). Yogyakarta: Graha Ilmu

Wati dan dadan,2017.Sistem Informasi Pengontrolan Persediaan Barang Pada Gudang Suku Cadang PT. Mayora Indah Tbk, Tangerang. Syntax Jurnal Informatika.vol.6,no(1):hal 20-29




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.618

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: