SISTEM INFORMASI JASA PELAYANAN MOBIL PARIWISATA MENGGUNAKAN METODE RAD

Sri Rejeki, Dwi Budi Srisulistiowati

Sari


Transportasi mobil  diIndonesia menjadi salah satu transportasi yang banyak diminati oleh masyarakat karena dapat menampung penumpang dengan kapasitas yang cukup banyak melalui jalur darat dan dapat secara langsung menuju lokasi objek wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis merancang sistem informasi jasa pelayanan mobil agar proses kegiatan transaksi dan pembuatan laporan penyewaan mobil  dapat diproses kedalam sebuah sistem terkomputerisasi, serta mempermudah pelanggan dalam melakukan proses penyewaan tanpa harus datang ke tempat untuk melakukan pemesanan dan pelanggan dapat mengetahui informasi secara detail mengenai harga dan fasilitas yang tersedia. Sistem ini dibangun menggunakan metode RAD (Rappid Application Development) yang berfungsi sebagai pengembang sistem dengan waktu yang realtif singkat. Rappid Appliaction Development menggunakan metode iteratif (berulang) dalam mengembangkan sistem dimana working model (model bekerja) sistem dikonstuksikan diawal tahap pengembangan dengan tujuan menetapkan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem yang dapat membantu dan mempermudah pegawai dalam menjalankan bisnisnya serta membantu pelanggan dalam melakukan transaksi pemesanan mobil.

 

Kata Kunci: Mobil, Jasa Pelayanan, RAD, Website


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh, Rohi. 2016. Easy & Simple Web Programing. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

A.J., Muljadi. 2012. Kepariwisataan dan Perjalanan. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Andriansyah. 2015. Manajemen Transportasi dalam Kajian dan Teori. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama: Jakarta.

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung: Informatika Bandung.

Faizal, Edi dan Irnawati. 2015. Proram Java Web (JSP, JSTL, & SERVERLET) tentang Pembuatan Sistem Informasi Klinik Diimplementasikan Dengan Netbeans IDE 7.2 dan MySQL.

Kosasi, S., & Yuliani, I. D. A. E. 2015. Simetris : jurnal teknik mesin, elektro dan ilmu komputer. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer (Vol. 6). Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/arti cle/view/234/231

Krismaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Keempat. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

MADCOM. 2016. Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. C.V Andi : Yogyakarta.

Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Erlangga : Jakarta.

Mulyani, S. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. ABDI SISTEMATIKA : Bandung.

Y. Kustiyahningsih, D. Rosa. 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis WEB Menggunakan PHP dan Mysql, Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.615

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: