TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI DALAM PERKULIAHAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19
Sari
ABSTRAK
Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses Pendidikan memiliki peran yang krusial dalam mendukung pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi. Ditinjau dari ranah sosiologi, pada dasarnya manusia di dalam mencapai tujuan hidupnya selalu berkomunikasi, berinteraksi dan beradaptasi dengan sesama serta lingkungannya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Di tahun 2020, peristiwa pandemi Covid-19 menyebabkan dunia Pendidikan harus mengalami transformasi metode kegiatan belajar mengajar ke mode tidak langsung dengan pemanfaatan teknologi digital dan jejaring internet. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pentingnya teknologi Pendidikan dan sistem informasi bagi pendidik dalam perkuliahan online di dalam masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan kajian Pustaka secara deskriptif dengan pemilihan sumber-sumber informasi dan data melalui artikel-artikel jurnal, buku-buku, berita dan peraturan perundangan-undangan yang relevan dengan permasalahan. Hasil menunjukkan bahwa, teknologi Pendidikan dan sistem informasi dapat memperlancar perkuliahan online baik bagi pendidik dan peserta didik di masa pandemi Covid-19.
Kata kunci: Teknologi Pendidikan, Sistem Informasi, Perkuliahan Online, Pandemi Covid-19
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Basrie, B., & Yusnita, A. (2018). Membangun Sistem Infromasi E-learning Perkuliahan STMIK Wicida Samarinda. Sebatik, 22(1), 10-14.
Dewi Salma Prawiradilaga; Siregar, Eveline; Universitas Negeri Jakarta. (2007). Mozaik teknologi pendidikan / Dewi Salma Prawiradilaga, Eveline Siregar. Jakarta : Kencana,.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Gani, A.G. (2018) . e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma 3 (1), 1-19
Green,Lelia.2002. Communication, Technology and Society. Sage Publications:London
Iivari, N., Sharma, S., & Ventä-Olkkonen, L. (2020). Digital transformation of everyday life–How COVID-19 pandemic transformed the basic education of the young generation and why information management research should care?. International Journal of Information Management, 55, 102183.
Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. PENGARUH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH ONLINE DI ERA COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP MENTAL MAHASISWA.
Munirah, F. (2015). Analisis Isi Deskriptif Rubrik “ Xp Re Si ” Harian Kaltim Post Periode Maret-April 2013. EJurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 186–197.
Nasionalita, K. (2014). Relevansi teori agenda setting dalam dunia tanpa batas. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(2), 156-164.
Ohmae, Kenichi. The Boarderless World yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh FX Budiyanto.1991. Dunia Tanpa Batas. Jakarta : Binarupa Aksara
Tahir, H. (2013). ‘NOUVEAU INFORMATION POOR’DALAM PERADABAN GELOMBANG KETIGA (Fenomena Masyarakat Miskin Informasi di Kawasan Timur Indonesia). Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(1).
Susanti, S. O., & Juwono, V. (2019). Collaborative Governance: Proyek Penyelenggaraan Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring di Indonesia Tahun 2016-2019. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 12-23.
Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education Amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4).
PERATUTRAN PERUNDANG-UNDANGAN
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2014 Tentang Rencana Pitalebar Indonesia 2014 – 2019
WEBSITE
Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Dai, D., & Lin, G. (2020). Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester during the COVID-19 Epidemic: A Case Study of Tangquan Middle School in Nanjing, Jiangsu Province, China. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3555539
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Siswadi, Gun Gun (2020). Transformasi Digital Di Bidang Pendidikan. BAKTI-KOMINFO. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/materi/Transformasi_Digital_di_Bidang_Pendidikan_Gun_Gun_Siswadi.pdf
DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.607
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: