Perancangan Desain Antarmuka Sistem Informasi Sekolah Menggunakan Metode Activity Centered Design

Penulis

  • Riyan Abdul Aziz STMIK Amikom Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35968/jsi.v12i2.1462

Kata Kunci:

Desain antarmuka, Sistem informasi sekolah, Activity centered design, System usability scale

Abstrak

Sistem informasi sekolah menjadi satu bagian yang penting bagi calon peserta didik untuk menentukan apakah akan melanjutkan mendaftar di sekolah tersebut atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan keterbukaan informasi yang dibutuhkan oleh sekolah swasta dalam bentuk sistem informasi sekolah berbasis website. Penelitian ini akan berfokus pada perancangan desain antarmuka sistem informasi sekolah sebagai tahap awal sebelum sistem informasi sekolah dibuat. Metode pengembangan yang digunakan untuk membangun desain antarmuka sistem informasi sekolah adalah activity centered design, metode ini dipilih karena dalam proses perancangan antarmuka web membantu menciptakan desain yang lebih terarah sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan kesesuaian sistem. Hasilnya desain antarmuka sistem telah berhasil dibuat, hasil perhitungan menggunakan system usability scale (SUS) didapatkan jumlah perhitungan rata-rata sebesar 85,84 dari enam responden, acceptability range sistem informasi sekolah pada status acceptable, grade scale sistem informasi sekolah termasuk dalam skala B, adjective ratings aplikasi sistem informasi sekolah masuk dalam kategori excelent.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Abdul Aziz, R. (2025). Perancangan Desain Antarmuka Sistem Informasi Sekolah Menggunakan Metode Activity Centered Design. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 12(2), 22–33. https://doi.org/10.35968/jsi.v12i2.1462