PENERAPAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE DAN METODE DESIGN SPRINT PADA BANK SOAL TES KEMAMPUAN DASAR AKADEMIK (TKDA) DAN TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS (TKBI) SERTIFIKASI DOSEN (SERDOS) BERBASIS ANDROID
Sari
Dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Pendidik.pada pasal 4 ayat (1), yaitu sertifikasi dosen dilaksanakan melalui uji kompetensi dalam bentuk penilaian portfolio untuk memperoleh sertifikat pendidik. TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik) dan TKBI (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) merupakan dua jenis tes yang menjadi syarat untuk dosen mengajukan diri mengikuti proses sertifikasi. Aktualnya selain berhasil, banyak juga yang gagal. Karena harus memenuhi skor minimal sesuai dengan ketentuan passing grade yang telah ditentukan. Supaya memiliki kesiapan yang cukup dalam mengerjakan tes, perlu dilakukannya persiapan yaitu, dengan membiasakan diri mengerjakan soal-soal. Penelitian ini menggunakan metode Design Sprint dan algoritma Fisher-Yates Shuffle merupakan sebuah algoritma yang menghasilkan permutasi acak dari suatu himpunan terhingga, dengan kata lain mengacak suatu himpunan tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mempermudah dosen dalam melatih menjawab soal untuk tes TKDA dan TKBI nantinya.
Kata Kunci : Tes, Design Sprint, Fisher-Yates Shuffle
Teks Lengkap:
PDFReferensi
M. Awaludin and M. Nugraha Rizki, “Penerapan Technology Acceptance Model Pada Marker Based Tracking Untuk Pembelajaran Sistem Tata Surya Terhadap Anak - Anak,” JSI (Jurnal Sist. Informasi) Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 1, pp. 147–172, 2021.
Akram, M., Nia, K., Yulia, S. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Sistem Pembelajaran Tes Online Berbasis Aplikasi. InComTech : Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol.10, No.3, Desember 2020, 145-154. P-ISSN : 2085-4811, E-ISSN: 2579-6089.
Asih, V., Andi, S., Ridho, T.S. (2020). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Untuk Aplikasi Ujian Berbasis Android. Jurnal Digit Vol. 10, No.1 Mei 2020, pp.59-70. ISSN : 2088-589X
Boldyreva, A & Vladimir, K., (2023). Public-Key Cyptography – PKC 2023. Switzerland : Springer Nature Switzerland AG.
Cahyono, D.E., Imam, T.S., Prasetya, N.W.A. (2023). Logika dan Algoritma serta Implementasi di Turbo Pascal. Selayo : Penerbit Mitra Cekdikia Media.
Ekojono., Rizkyna, C., Kadek, S.B. (2018). Implementasi Metode Fisher-Yates Shuffle Dan Fuzzy Tsukamoto Pada Game 2D Gopoh Berbasis Web. Jurnal Informatika Polinema e-ISSN:2407-070X p-ISSN:2614-6371.
Habibi, R & Riki, K.. (2020). Tutorial Membuat Aplikasi Sistem Montoring Terhadap Job Desk Operational Human Capital (OHC). Bandung : Kreatif Industri Nusantara.
jendela.kemdikbud.go.id. (2023). Bank Soal Miliki Daya Tarik. Diakses pada 28 November 2023. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/bank-soal-miliki-dayatarik#:~:text=Bank%20Soal%20merupakan%20sekumpulan%20butir,sebuah%20instrumen%20penilaian%20(tes)
lldikti6.kemdikbud.go.id. (2023). Sertifikasi Dosen. Diakses pada 28 November 2023, https://lldikti6.kemdikbud.go.id/sertifikasi-dosen/
Pane, S.F., Ichsan, H.H., Evietania, C.S. (2022). Pengembangan Smart Conveyor Dengan Arduino (Mengunakan GPS Tracking Berbasis Android). Bandung : Penerbit Buku Pedia.
peraturan.bpk.go.id. (2017). Metadata Peraturan. Diakses pada 28 November 2023, https://peraturan.bpk.go.id/Details/140990/permen-ristekdikti-no-51-tahun-2017
Santoso, A., Wawan, G. (2021). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Dan Tsukamoto Pada Aplikasi Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknik dan Sains Volume 2 Nomor 1, Januari 2021. e-ISSN 2721-3188 | p-ISSN 2721-3714.
Sis.binus.ac.id. (2021). 5 Tahap Pada Design Sprint. Diakses pada 2 Desember 2023. https://sis.binus.ac.id/2021/02/05/5-tahap-pada-design-sprint/
Smbgroup.co.id. (2022). Bank Soal Digital & Sistem Pengiriman Kertas (QB) (QD). Diakses pada 30 November 2023. https://smbgroup-co-in.translate.goog/digital-question-bank-paper-delivery-system-qb-qd/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=rq#:~:text=It%20means%20all%20your%20questions,prepared%20by%20teachers%20and%20lecturers.
DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v11i1.1131
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: