MEDIA EDUKASI DENGAN AUGMENTED REALITY MENYUSUN KATA DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Muhammad Fajrian Noor

Sari


ABSTRAK

Di era perkembangan teknologi informasi pada saat ini, banyak teknologi informasi yang dapat di manfaatkan untuk media edukasi salah satunya adalah teknologi Augmented Reality(AR). Teknologi Augmented Reality(AR) adalah sebuah teknik yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dari segi strategis, pemanfaatan teknologi Augmented Reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi Augmented Reality memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat meningkatkan minat peserta didik untuk dapat menghafalkan kosa kata bahasa inggris karena melalui representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi user dalam media edukasi dengan Augmented Reality. Dalam prosesnya anak Sekolah dasar kelas 3 Sekolah Dasar menyusun sebuah kata dalam bahasa inggris tentang perabot rumah tangga dan peralatan sekolah, dimana ketika proses scan sebuah marker kata yang di susun itu benar maka objek 3 dimensi perabot rumah tangga akan muncul di dunia nyata. Dari hasil penelitian di atas diperoleh kesimpulan aplikasi media edukasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality ini, siswa seolah-olah dihadapkan pada objek perabot rumah tangga dan peralatan sekolah secara nyata sehingga proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan dapat membuat anak lebih mudah dalam menghafalkan kosa kata bahasa inggris tentang perabot rumah tangga dan peralatan sekolah.

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Kosa Kata Bahasa Inggris, Media Edukasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Jazilah, Nur. 2016. Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Buku panduan Wudhu untuk Anak, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Januanesbi, Galan. 2014. Pembelajran Vulkanologi Secara 3D Berbasis Augmented Reality, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ningsih, Maulina Fitria. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pratiwi, Kunthi. 2016. Perancangan Animasi 3D Berbasis augmented reality pada Proses Metamorfosis Kupu-Kupu Untuk Siswa SD Kelas IV.




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v10i2.1091

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: