ANALISIS PENGARUH 5 DIMENSI DIGITAL MENUBOARD DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN CEPAT SAJI “XYZ”

David Winata Winata, Yoke Lucia Renica Rehatalanit

Sari


Abstraksi

Analisis pengaruh digital terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Cepat Saji XYZ ini menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh karakteristik pelanggan dengan persepsi dan harapan pelanggan terhadap digital restoran ini. Penelitian dilakukan pada 3 cabang Restoran XYZ yang sudah menggunakan Digital Menuboard di Jakarta diantaranya : cabang Atrium, cabang Kemang, dan cabang Blok M Square. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antar variable service quality dalam 5 dimensi: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy dengan kepuasan pelanggan. 

 

Kata kunci: Servqual, Digital, Kepuasan Pelanggan, Restoran Cepat Saji, Regresi Linier Berganda


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ali, Sambas Muhidin dan Abdurrahman Maman. 2009. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Bauer C., 2011, Interactive Digital Signage – An Innovative Service and Its Future Strategies, Tirana, pp 137-142

C. Trihendradi, 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 20, C. V. Andi Offset, Yogyakarta.

Ravnik R., Solina F., 2013, Interactive and Audience Adaptive Digital Signage Using Real-Time Computer Vision, Int J Adv Robotic Sy, 2013, Vol. 10, 107.

Rusell, J., 2012. Digital Signage. United States of America : Book on Demand

Sandjaja, Herianto B. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Siregar, Ir. Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantittif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta:Kencana Prenada Group.

Suliyanto, Dr. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi Dengan SPSS. Penerbit ANDI: Yogjakarta.

Tan, K.C., Tan Pawitra.(2001), Integrating SERVQUAL and Kano’s Model into QFD for Service Excellence Development, Managing Service Quality, 11(6), pp. 418- 4310.




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v10i2.1090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: