APLIKASI MESIN LEARNING DENGAN MODEL NAIVE BAYES UNTUK EVALUASI KEPUASAN MAHASISWA STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN KAMPUS UNSURYA
Sari
Abstrak – Evaluasi kepuasan mahasiswa menjadi elemen penting dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, karena memungkinkan identifikasi area yang memerlukan perbaikan berdasarkan umpan balik pengguna. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa, mencakup berbagai aspek layanan perpustakaan seperti koleksi buku, fasilitas, aksesibilitas, dan layanan petugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap layanan perpustakaan pada Perpustakaan Kampus Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes. Model Naïve Bayes dipilih karena kesederhanaannya dan kemampuannya dalam memberikan hasil yang akurat meskipun dengan jumlah data yang relatif sedikit. Proses pengembangan aplikasi meliputi beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, prapemrosesan data, pelatihan model, evaluasi model, dan implementasi dalam bentuk aplikasi berbasis web. Hasil pengujian menunjukkan bahwa model Naive Bayes memiliki performa yang memuaskan dengan tingkat akurasi yang tinggi sebesar 91,67% dalam mengklasifikasikan tingkat kepuasan mahasiswa dengan variabel penilaian mencakup prasarana fasilitas, petugas, reliability dengan keputusan puas, cukup puas dan tidak puas. Aplikasi yang dihasilkan memungkinkan pihak perpustakaan untuk melakukan analisis data secara real-time dan mendapatkan wawasan yang berharga mengenai persepsi mahasiswa terhadap layanan yang diberikan. Dengan demikian, perpustakaan dapat merancang strategi peningkatan layanan yang lebih efektif berdasarkan data yang akurat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. Parasuraman et al., (1985). "A conceptual model of service quality and its implications for future researh" Journal of marketing. Vol. 49
A. Yafie, S. Suharyono, and Y. Abdillah, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (StudiapadafPelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 35, no. 2, p. 14, 2016.
Andriko Firma1,Elva Rahmah. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPE-NGARUHI KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOPERTIS WILAYAH X. https://ejournal.unp.ac.id/ index.php/iipk/ article/ download/492/413
Arhami, Muhammad dan Muhammad Nasir. 2020. Data Mining Algoritma dan Implementasi. Yogyakarta: CV Andi Offset (Penerbit ANDI).
D. L. Olson and D. Delen, Advanced Data Mining Techniques, vol. 53, no. 9. 2008
Cristella, E., & Sibaroni, Y, Analisis Sentimen Tentang Kasus Layanan Akademik di Perguruan (Kasus : Telkom University). e-Proceeding of Engineering : Vol.5, No.3 Desember 2018 ISSN : 23559365, (pp. 7586-7596).
I. Oktadiani and Helmy Fitriawan, “Penerapan Machine Learning Untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa di Perguruan Tinggi X,” Electr. J. Rekayasa dan Teknol. Elektro, vol. 17, no. 3, pp. 242–252, 2023, doi: 10.23960/elc.v17n3.2529.
Nuryamin, Yamin dan Risyda, F., “Perancangan Aplikasi Kasir Pada Kedai Kopi Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 11, no. 1, 2024, doi: 10.35968/jsi.v11i1.1140.
R. Agustia, A. A. Supianto, and N. H. Wardani, “Aplikasi Data Mining menggunakan Algoritme Naive Bayes untuk Memprediksi Ketepatan Waktu Lulus Mahasiswa,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, pp. 2548–964, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
Santosa, Budi (2007). Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v11i2.1257
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: