IMPLEMENTASI ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK EVALUASI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN

Yulisa Gardenia, Minda Mora Purba, Fitria Risyda

Sari


Kepuasan mahasiswa terhadap layanan menjadi prioritas bagi setiap perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas sesuai yang dikendaki mahasiswa, hal ini dijadikan tolak ukur keunggulan serta daya saing sebuah perguruan tinggi. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) adalah salah satu Perguruan Tinggi swasta yang berkomitmen untuk meningkatkan standar mutu pendidikan dan terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan, fasilitas kampus dan pelayanannya. Salah satu fasilitas yang menunjang mutu pendidikan adalah Perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan perpustakaan menggunakan algoritma naive bayes. Variabel penilaian mencakup Prasarana Fasilitas, Petugas, Reliability dengan keputusan puas dan tidak puas. Hasil pengolahan data penelitian, pengujian algoritma hingga implementasi program, peneliti menyimpulkan beberapa poin diantaranya: a. Hasil kuesioner evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap layanan perpustakaam pada kampus Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma menunjukkan data 58% mahasiswa merasakan puas, 29% cukup puas, dan 18% tidak puas yang artinya pelayanan pada perpustakaan baik dari segi petugas, buku dan layanan sudah cukup baik dirasakan oleh mahasiswa. b. Penggunaan Algoritma Naïve Bayes untuk memberi penilaian terhadap evaluasi kepuasan mahasiswa terhadap layanan Perpustakaan pada kampus Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma memiliki tingkat akurasi yang baik yaitu sebesar 91.67%, menunjukkan kemampuan model dalam memprediksi dengan benar sebagian besar kasus dari data testing. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriko Firma1,Elva Rahmah. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOPERTIS WILAYAH X. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/ article/ download/492/413

A. R. Febie Elfaladonna, “Analisa Metode Classification-Decission Tree Dan Algoritma C.45 Untuk Memprediksi Penyakit Diabetes dengan Menggunakan Aplikasi Rapid Miner,” Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 10–17, 2019.

A. Saleh, “Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 3, pp. 207–217, 2015.

A. Syarifah and M. A. Muslim, “Pemanfaatan Naïve Bayes Untuk Merespon Emosi Dari Kalimat Berbahasa Indonesia,” Unnes J. Math., vol. 4, no. 2, 2015.

A. Yafie, S. Suharyono, and Y. Abdillah, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (StudiapadafPelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 35, no. 2, p. 14, 2016.

Cristella, E., & Sibaroni, Y, Analisis Sentimen Tentang Kasus Layanan Akademik di Perguruan (Kasus : Telkom University). e-Proceeding of Engineering : Vol.5, No.3 Desember 2018 ISSN : 23559365, (pp. 7586-7596).

D. L. Olson and D. Delen, Advanced Data Mining Techniques, vol. 53, no. 9. 2008.

Eddy Suprihadi. (2021). Sistem Informasi Bisnis Dunia Versi 4.0. Penerbit Andi.

E. Sutoyo and A. Almaarif, “Educational Data Mining untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritme Naïve Bayes Classifier,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 95–101, 2020.

Firman Azhar Riyadi, “Implementasi Metode naive Bayes Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Prodi Informatika (Studi Kasus : Universitas Teknologi Yogyakarta),” pp. 1–9, 2020.

I.K.S. Putu Sainanda Cahyani Moonallika, Ketut Queena Fredlina, “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier ( Studi Kasus STMIK Primakara ),” J. Ilm. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 47–56, 2020.

J. Han and M. Kamber, Data mining: Data mining concepts and techniques. 2006.

Awaludin, M., & Amelia, L. V. (2022). Penerapan Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Lisrel Terhadap Perbedaan Tarif Penerbangan Pada Penumpang Domestik Di Bandara Halim Perdanakusuma. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 9(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v9i1.855

Awaludin, M., Yasin, V., & Risyda, F. (2024). The Influence of Artificial Intelligence Technology, Infrastructure and Human Resource Competence on Internet Access Networks. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.25139/inform.v9i2.8109

Muryan Awaludin, Tata Sumitra, & Achmad Ramadhany. (2024). Pendampingan Uji Kompetensi Keahlian Multimedia Dan Teknik Komputer Jaringan Pada SMK Bina Putra Mandiri – Bogor. Jurnal Bakti Dirgantara, 1(1), 39–47. https://doi.org/10.35968/njqcf086

L. Setiyani, M. Wahidin, D. Awaludin, and S. Purwani, “Analisis Prediksi Kelulusan Mahasiswa Tepat Waktu Menggunakan Metode Data Mining Naïve Bayes : Systematic Review,” Fakt. Exacta, vol. 13, no. 1, pp. 38–47, 2020.

N. A. Rustami, Nuraedi, and T. C. Kurniatun, “Pengaruh Kualitas Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Pendidikan 60 Indonesia,” J. ADPEND Tata Kelola Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 44, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.upi.edu/index.php/jurnaladpend/article/view/3254.

Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi, https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf

T. Daniel, Uncovering Patterns in Student Work. 2015. Eisadat




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v11i2.1249

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: