PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GRABFOOD (STUDI WILAYAH KECAMATAN SETIABUDI)

Sumarsid Sumarsid, Atik Budi Paryanti

Sari


Grab adalah perusahaan transportasi berbasis online  Salah satu jasa yang layanan yang ditawarkan Grab adalah Grabfood. Dengan berkembang pesatnya layanan pesan antar makanan yang mengakibatkan perubahan perilaku konsumen, para pelaku bisnis yang bergerak di bidang yang sama harus mampu menerapkan strategi yang dapat mempertahankan dan mengembangkan usahanya karena pemasaran sebagai ujung tombak dari berhasilnya suatu perusahaan agar dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan variabel X1 yaitu 0.000 < 0, 05, dengan demikian maka Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nihil) ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (Kepuasan Pelanggan), dan nilai signifikan variabel Harga (X2) yaitu 0.061 > 0, 05, dengan demikian maka Ha (hipotesis alternatif) ditolak dan Ho (hipotesis nihil) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X2) Harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (Kepuasan Pelanggan) Grabfood di wilayah Kecamatan Setiabudi. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji F didapatkan nilai signifikan masing-masing variabel adalah 0,000 < 5% (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Artinya variabel bebas yang terdiri dari variabel X1 yaitu Kualitas Pelayanan, dan variabel X2 Harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat Kepuasan Pelanggan Grabfood di wilayah Kecamatan Setiabudi. Berdasarkan hasil analisa determinasi didapatkan nilai R Square sebesar 0,42, sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga memiliki kontribusi sebesar 42% terhadap Kepuasan Pelanggan Grabfood di wilayah Kecamatan Setiabudi dan sisanya sebesar 58% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak penulis teliti.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buchari Alma. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Daryanto. (2011). ManajemenPemasaran. Bandung : satu Nusa.

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Kotler, P. & G. A. (2014). Principle Of Marketing (15th ed.). Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Tjiptono, F. (2012). Service Management. Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: