PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN INDIHOME FIBER DI DAERAH LUBANG BUAYA JAKARTA TIMUR

Amelia Anggraini Utami, Wasis Gunadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan Indihome Fiber di daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Populasi penelitiannya adalah konsumen yang menggunakan jasa Telkom Indihome di daerah Jakarta Timur, khususnya wilayah Lubang Buaya, yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Dikarenakan terbatasnya sumberdaya, maka penelitian ini menggunakan sampling, yaitu Purposive Random Sampling, yang menghasilkan sampel berukuran 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada taraf nyata 5%, baik secara parsial maupun simultan, Citra Merek dan atau Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi: Y = 13,792 + 0,747X1 + 0,486X2, dimana:Y = Kepuasan Pelanggan, X1 = Citra Merek dan X2 = Kualitas Pelayanan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada internet kabel Indihome Fiber yang sebesar 45,9%, yang menjelaskan perlunya diteliti lebih lanjut terhadap faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, terutama faktor kualitas produk Indihome Fiber.

Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Indihome Fiber.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bisnis, P. A., Komunikasi, F., Telkom, U., Bisnis, P. A., Komunikasi, F., Telkom, U., & Aililigmailcom, E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. 11(2).

Feiby Tombokan, Lotje Kawet, Y. U. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Taplus BNI Kantor Cabang Utama Manado. 3(3), 552–561.

Gaby I. M. Walandow, Peggy A. Mekel, A. S. S. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Pengaruhnya Terhadap Kepercayaan Nasabah Bertransaksi E-BANKING Melalui Kartu Debit Taplus BNI. 2(2), 1261–1271.

Ghalih Galang Tangguh W, Edriana Pangestuti, I. P. N. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan GO-RIDE. 61(2), 118–126.

Gozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS 23”. Cetakan VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, Philip, K. L. K. (2012). Manajemen Pemasaran (empat bela). PT indeks.

Keller, Kevin Lan. 2013. Dialih Bahasakan oleh Bob Sabran. “Strategi Brand Management (Building, Measuring and Managing Brand Equity)”, Fourth Edition, Praticse Hall. New Jersey.

Riyadi, Edi. 2015. Metode Statistika Parametrik Dan Non Parametrik. Pustaka Mandiri. Jakarta.

Siregar, Sofian. 2013. Statistik Paramentrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. BUMI Aksara.

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta; Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Bayumedia.

Tjiptono, F. (2012). Service Management. Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Edisi Pert). ANDI, ed.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset.

V. Wiratna Sujarweni. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi (Pendekatan Kuantitatif). Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

http://www.indotelko.com

https://daftar-indihomedontnet.blogspot.com/2020/01/indihome-jakarta-timur.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Digital_HOME

https://www.indihome.co.id/




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.861

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: