PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JASA PENGIRIMAN PT. TIKI

Vera Sylvia Saragi Sitio

Sari


Kebutuhan akan jasa pengiriman barang semakin meningkatkan dan cukup bersaing. Untuk itu setiap perusahaan penyedia jasa pengiriman harus memberikan kualitas pelayanan yang prima kepada para pelanggan agar pelanggan tidak beralih kepada perusahan penyedia jasa pengiriman barang yang lain. Selain itu, Perusahaan juga dituntut untuk dapat bersaing secara kompetitif dalam menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal (pelanggan) yaitu salah satunya melalui persaingan merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengerahu pengaruh kualitas pelayanan , citra merek terhadap keputusan pembelian  Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 50 responden. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan alat SPPS for Windows 24. Hasil penelitian menjelaskan bawah kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R square sebesar 0.642. Artinya 64.2 % keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel yang terdapat didalam model, sedangkan sisanya 35,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Caesar. 2017. 2018, TIKI Target Buka Satu Gerai Tiap Hari. Diakses pada https://bisnis.tempo.co/read/1037822/2018-tiki-targetkan-buka-satu-gerai-tiap-hari/full&view=ok (7 Juni 2017).

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. PT. Intan Sejati. Klaten.

Kotler, P dan Keller, K,L. 2009. Manajemen Pemasaran edisi ketiga belas jilid 2. Erlangga. Jakarta

Apriyani, Yesi. 2013. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza HUT di Kota Padang. Diakses pada http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/viewFile/319/164 (Agustus 2018)

Ghozali. 2007. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Masiruw, Cyntia N, dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol. 3. No. 3 September 2015. Hal. 1023-1031.

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. PT. Indeks Gramedia. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metodelogi Penelitian Bisnis. Alfabeth. Bandung

Suryani.Tatik.2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2008. Stratgei Pemasaran. Edisi Tiga. Andi. Yogyakarta

Yoestini dan Eva S. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. (Studi Kasus pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. VI,No.3, Desember 2007, Halaman 261-276.

Wulandari, Tresna, 2017. Pengaruh Citra Merek Suzuki dan Kulitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer XYZ. Value Journal of Management and Business. Vol. 2. No1. Oktober 2017.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v9i1.266

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: