PENINGKATAN PERANAN WANITA DALAM PENGEMBANGAN USAHA RUMAH TANGGA

Wasis Gunadi

Sari


Peranan wanita dalam dunia usaha dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, baik jumlah maupun macam industri yang dipilih sebagai jenis usahanya, khususnya industri jasa. Dari sekitar 60 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), 60% diantaranya adalah UMKM wanita. Perdagangan dan investasi bebas yang semakin mempertajam persaingan antar pelaku usaha pada hampir seluruh industri, menuntut agar produk UMKM memiliki daya saing yang lebih kuat. Dari tiga strategi bersaing: cost leaderships, product differentiation, dan focus, yang paling memungkan ditempuh dan dikembangkan oleh UMKM adalah strategi kedua, utamanya melalui pengembangan produk kreatif, khas dan up-dated. Pengembangan produk kratif ini harus merupakan upaya sinergis melibatkan pemerintah, Lembaga akademis, pelaku usaha dan masyarakat. Produk-produk UMKM memiliki daya saing yang baik, khususnya di pasar luar negeri seperti saat berpameran Hongkong Fashion Week,  Malaysian Halal Showcase (MIHAS), dan Dubai Global Village (DGV).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Porter, Michael E. 1980. Competitive Strategy. The Free Press, a Division of Macmillan, Inc. 866 Third Avenue, New York, NY 10022.

Porter, Michael E. 1985. Competitive Advantage. The Free Press, a Division of Macmillan, Inc. 866 Third Avenue, New York, NY 10022.

Porter, Michael E. 1990. Competitive Advantage of Nations. The Free Press, a Division of Simon & Schuster Inc. 1230 Avenue of the Americas, New York, NY 10020.

Laporan Tahunan Kementerian KUKM RI tahun 2016. 2017. Kementerian KUKM RI.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. Pearson Education, Inc publishing as Prentice Hall, One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458.

Carlin International. 2012. Design Prediction. Unpublished.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v9i1.265

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: