PENGARUH REKRUTMEN DAN PENEMPATAN PEGAWAI TERHADAP KINERJA PADA SATUAN KERJA DINAS BINA MARGA DAN TATA RUANG PROVINSI BANTEN

Tutik Siswanti, Encop Sopiah

Sari


Pegawai mempunyai peran yang utama dalam setiap kegiatan organisasi, karena pegawai menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan sistem organisasi. Tujuan organisasi akan lebih mudah dicapai apabila pegawai ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Tetapi kompetensi dan kemampuan saja tidak cukup untuk meningkatkan kinerja pegawai, dibutuhkan juga ketepatan dalam menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya. Penelitian ini dilakukan pada obyek penelitian Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Propinsi Banten , sedangkan jenis penelitiannya adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah rekruitmen pegawai (X1) dan penempatan pegawai (X2), sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Propinsi Banten yang berjumlah 36 orang. Dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi digunakan sebagai sampel, sehingga menggunakan sampel jenuh. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel rekruitmen pegawai(X1) mempunyai pengaruh negatif terhadap variable kinerja pegawai (Y), dengan nilai -0,333, sedangkan variabel penempatan pegawai memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja dengan hasil sebesar 0,495. Hasil Uji hipotesis parsial menunjukkan bahwa, secara individu rekruitmen tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai, sehingga H0 diterima dan Ha di tolak. Sedangkan penempatan pegawai berdasarkan hipotesisi memiliki pengaruh terhadap kinerja, sehingga H0 di tolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis simultan menunjukan secara bersama-sama/serentak rekruitmen dan penempatan pegawai berpengaruh terhadap kinerja, sehingga H0 di tolak dan Ha diterima. Hasil koefisien determinasi R square dengan nilai 0,167, hal ini mengindikasikan bahwa varaiasi variabel terikat mampu dijelaskan oleh varaibel bebas sebesar 16,7%.

Kata kunci: rekruitmen, penempatan pegawai, kesesuaian pengetahuan, kesesuaian kemampuan, kesesuaian keahlian, kinerja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardana, I Komang dkk, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: Graha ilmu

Arikunto, Suharsimi, 2012. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta

Dharma, Surya, 2010. Manajemen Kinerja . Edisi ketiga Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Dessler, Gary, 2011. Manajemen SDM. Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks.

Edy Sutrisno, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS edisi 3, Semarang: BP UNDIP

Handoko, T. Hani, 2011.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia .Yogyakarta : Liberty

Hariandja, Marihot Tua Efendi. 2002. Manajemen SDM (Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai). Jakarta: PT. Grasindo.

Malayu Hasibuan S P, 2012 Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Keenam belas. Jakarta PT Bumi Aksara.

Mangkunegara A P, 2011. Manajemen Suber Daya Manusia . Perusahaan Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Robert L. Mathis, John H.Jackson, 2011. Human Resource Management, Jakarta: Salemba Empat, 2011

Sedarmayanti, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil,PT. Refika Aditama, Bandung.

Simanjuntak, Payaman J, 2011. Manajemen dan Evaluasi Kinerja (Edisi 3). Jakarta : Lembaga Penerbit FEUI Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2008. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Anggota LP3ES Indonesia, anggota IKAPI

Sugiyono, 2010. Statistika untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta

................ 2011. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, Edy, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia . Edisi Pertama, Cetakan ketiga, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Wibowo, 2010. Manajemen Kinerja, Edisi Ke tiga, Rajawai Pers, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v7i1.174

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: