Peran Pesantren Dalam Membangun Jiwa Wirausaha Santri: Systematic Literature Review Berdasarkan Metodologi Prisma

Authors

  • Ali Nurdiansyah Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Jhon Veri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.35968/mpu.v15i2.1567

Keywords:

Pesantren, Jiwa Wirausaha, Santri, PRISMA, Systematic Literature Review, Pendidikan Kewirausahaan

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional tidak hanya berperan dalam pembentukan karakter spiritual, tetapi juga memiliki potensi besar dalam pengembangan jiwa kewirausahaan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis peran pesantren dalam membentuk jiwa wirausaha santri melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan panduan metodologi PRISMA. Artikel yang direview dipilih berdasarkan kriteria inklusi seperti relevansi topik, rentang waktu publikasi 2013–2023, serta aksesibilitas penuh. Proses seleksi melibatkan empat tahap utama: identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan inklusi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pesantren berperan strategis dalam membentuk jiwa wirausaha santri melalui integrasi nilai-nilai kewirausahaan dalam kurikulum, program pelatihan keterampilan, serta unit usaha mandiri. Temuan juga mengungkap bahwa keberhasilan program kewirausahaan di pesantren sangat dipengaruhi oleh dukungan internal dan eksternal, termasuk kepemimpinan, sumber daya, serta akses pasar. Tantangan utama mencakup keterbatasan manajemen usaha, infrastruktur, dan digitalisasi. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penguatan sinergi antara pesantren, pemerintah, dan sektor swasta untuk membangun ekosistem kewirausahaan santri yang berdaya saing.

References

Ahmad, M. (2021). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jpi.v9i2.1234

Azra, A. (2019). Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia: Modernisasi Pesantren dan Tantangan Kewirausahaan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Badriyah, L., & Firmansyah, R. (2020). Peran Pesantren dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Santri melalui Program Ekonomi Kreatif. Jurnal Ekonomi Syariah dan Humaniora, 5(1), 78–89. https://doi.org/10.3123/jesh.v5i1.6542

Fahmi, M. (2022). Kewirausahaan dalam Lembaga Pendidikan Islam: Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Hikmah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Islam, 10(1), 43–57.

Hamid, A. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Kemandirian dalam Pendidikan Pesantren. Jurnal Tarbawi: Pendidikan Islam, 7(2), 102–111.

Hasanah, U., & Yusuf, M. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Santri melalui Unit Usaha Pesantren. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 11(3), 210–222.

Hidayat, S. (2020). Strategi Peningkatan Jiwa Kewirausahaan Santri melalui Pelatihan Life Skill. Al-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 56–66.

Kementerian Agama RI. (2019). Profil Pendidikan Pesantren di Indonesia Tahun 2018/2019. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

Mulyadi, A. (2018). Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren: Antara Wacana dan Praktik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 76–89.

Nasution, R., & Munandar, I. (2020). Ekonomi Pesantren: Basis Kemandirian Ekonomi Umat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2), 131–145.

Nurcholish, M. (2023). Kemandirian Ekonomi Pesantren: Antara Cita dan Realita. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 1–14.

PRISMA Group. (2020). PRISMA 2020 Explanation and Elaboration Document. https://www.prisma-statement.org/

Rohmah, S. (2022). Pesantrenpreneurship: Kiat Membangun Jiwa Usaha di Kalangan Santri. Jurnal Sosial Humaniora Islamika, 4(2), 99–110.

Suherman, T., & Huda, N. (2021). Inkubasi Kewirausahaan Berbasis Pesantren di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 55–68.

Syamsuddin, M. (2021). Analisis Kewirausahaan Santri Melalui Pendidikan Nonformal di Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, 7(1), 45–58.999.

Published

2025-06-28

How to Cite

Nurdiansyah, A., & Veri, J. (2025). Peran Pesantren Dalam Membangun Jiwa Wirausaha Santri: Systematic Literature Review Berdasarkan Metodologi Prisma . JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 15(2), 309–315. https://doi.org/10.35968/mpu.v15i2.1567