Respon Konsumen Terhadap Customer Review Dan Harga : Bukti Dari Perilaku Pembelian Online

Authors

  • Dede Solihin Universitas Pamulang
  • Ali Maddinsyah Universitas Wanita Internasional

DOI:

https://doi.org/10.35968/mpu.v15i2.1464

Keywords:

Customer Review, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer review dan harga terhadap keputusan pembelian pada Online Shop Denay yang berlokasi di Tangerang Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen aktif toko online tersebut. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden, yang ditentukan menggunakan rumus dari Roa Purba untuk memperoleh jumlah yang representatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang bertujuan untuk mengukur pengaruh masing-masing variabel independen yaitu customer review dan harga baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel dependen, yaitu keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer review memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin baik ulasan dari pelanggan sebelumnya, semakin besar kemungkinan konsumen lain melakukan pembelian. Harga juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan; konsumen cenderung mengambil keputusan pembelian saat harga dianggap sesuai dengan nilai produk. Secara simultan, kedua variabel ini berkontribusi terhadap peningkatan keputusan pembelian. Implikasi praktis dari temuan ini adalah pentingnya pelaku usaha online untuk mendorong ulasan positif dari pelanggan dan menjaga strategi harga tetap kompetitif demi meningkatkan kepercayaan konsumen serta mendorong peningkatan penjualan secara berkelanjutan.

References

Aisyah, S. N., & Rosyidi, S. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, Customer Rating Dan Promosi Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee . Jurnal Kompetitif, 12(1), 48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83

Alow, S., Wolok, T., & Kango, U. (2024). Pengaruh review customer dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee (studi kasus pada mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2), 789–799. https://doi.org/10.37479/jimb.v7i2.27468

Amalia, D.L., Dahliani, Y., & Edi, B.Q.R., (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(1), 50-65. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i1.1105

Amiyananda, F., Harahap, R., & Sanny, A. (2024). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee: Studi kasus Mahasiswa Manajemen Stambuk 2020 Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), 222-236.

Anasrulloh, M., W.H., M., & Haliza, H. (2024). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Market Place Shopee. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 12(1), 13-18. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v12i1.1728

Ariani, A.M., Nasution, S.L., & Hendry, R.S.M. (2024). Analisis Kualitas Produk, Harga, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Skincare Skintific Shopee Online Shop. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan. 10(3), 272-282. https://doi.org/10.56015/gjikplp.v10i3.188

Arisandi, E. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Review Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. 1(1).

Dayanti, H., Andrian, A., & Anas, H. (2024). Pengaruh Flash Sale, Customer Review, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEB Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen (JIEM). 2(8), 168-180. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2222

Jumawan, J., Soesanto, E., Cahya, F., Putri, C. A., Permatasari, S. A., Setyakinasti, S., & Ottay, M. L. (2024). Pengaruh Online Consumer Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2854–2862. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2964

Khusnul, K., Elfiswandi, E., Lusiana, L., & Sari, S. (2024). Pengaruh Pemasaran Online, Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 4(1), 18–25.

Larasandy, A. P., & Puddin, K. (2024). Pengaruh harga dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk My Fortunes Bakery Cabang Mutiara Palace Medan pada aplikasi GrabFood. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 8(9).

Murti, Y.W., & Santosa, A. (2025). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produksi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Tokopedia Di Yogyakarta. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 2(3). https://doi.org/10.47134/jampk.v2i3.589

Pangesti, R.P., & Budiarti. E. (2025). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian The Originote Hyalucera Moisturizer Di Surabaya. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 2(1), 275–292. https://doi.org/10.61930/toman.v2i1.214

Prakoso, A. (2025). Pengaruh Review Customer Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Tokopedia Pada CV, Wisma Interior. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(4), 673–684.

Purba, E. A., & Safrin, F. A. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Harga Dan Online Customer Ratting Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tokopedia (Studi Pada Konsumen Toko Online Ventela Store Official Di Kota Medan). Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 2(3), 362-378. https://doi.org/10.55047/jekombital.v2i3.613

Rahayu, I. F., Oktafiah, Y., & Rachmawati, D. L. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Melalui Online Customer Review Sebagai Variabel Moderating di Kota Pasuruan. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 9(2), 119–127. https://doi.org/10.33752/bisei.v9i2.6977

Rahayu, M. S., Saputro, A.H., & Herlinawati, E. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), E-Service Quality Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ms-Glow Di Marketplace Shopee (Studi Pada Konsumen Ms Glow Indonesia Official Shop): Bahasa Indonesia. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 100–108. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1768

Riana, I. N., & Pamikatsih, T. R. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Fitur Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Marketplace Shopee Di Wilayah Surakarta. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 301–324. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i1.1909

Sari, R., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh influencer marketing, online customer review, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk Originote Hyalucera di marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 10(2), 1–10.

Sidauruk, I. Y., Aqmala, E. D., Haziroh, A. L., & Ulfa, A. K. (2024). Peran Kualitas Produk, Harga, Influencer Marketing Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10523-10534.

Tampubolon, E. P., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2024). Pengaruh E-Service Quality, Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Lazada Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(1), 40-48. https://doi.org/10.14710/jiab.2024.40024

Tonda, F., Ali, H., & Khan, M.A. (2025). Pengaruh Promosi dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital. 2(3), 181-194. https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3.199

Yulistiyani, N., Afwa, A., & Puspita, A. (2024). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru. Al Qalam. 18(1), 20-37. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2971

Published

2025-06-28

How to Cite

Solihin, D., & Maddinsyah, A. (2025). Respon Konsumen Terhadap Customer Review Dan Harga : Bukti Dari Perilaku Pembelian Online. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 15(2), 258–269. https://doi.org/10.35968/mpu.v15i2.1464