DETERMINAN KEBERHASILAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS

Aidil Amin Effendy, Sudiarto Sudiarto, Guruh Dwi Pratama, Yuli Wahyudi, Denok Sunarsi

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan keberhasilan usaha mikro kecil menengah berbasis ekonomi kreatif dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha mikro kecil menengah berbasis ekonomi kreatif. Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  eksploratif  deskriptif  dengan menggunakan pendekatan pada kajian literatur atau studi pustaka, yaitu merujuk dari  berbagai literatur, seperti buku, disertasi, jurnal ilmiah dan internet. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis data ini ialah Metode  eksposisi,  yaitu  dengan menyajikan data dan  fakta  yang saling berkaitan sehingga  pada  akhirnya  dapat dicari korelasi antara data dan fakta tersebut. Hasil penelitian dapat disimpulkan, keberhasilan UMKM di era kompetitif saat ini sangat diharapkan secara konsisten berkembang dan mampu bersaing khususnya pada usaha mikro kecil menengah berbasis ekonomi kreatif. Banyak faktor penentu keberhasilan UMKM khususnya industri ekonomi kreatif. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan UMKM berbasis ekonomi kreatif, antara lain: Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Pelaku Usaha, Membuat Ide Kreatif dan Menarik, Memanfaatkan Media Promosi Online, Penggunaan  Informasi  Akuntansi , Modal Usaha dan Umur Usaha.

Kata Kunci:  keberhasilan UMKM; ekonomi kreatif; tinjauan literatur sistematis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., & Juhaeri, G. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515.

Arikunto, Suharsimi. (2014). “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Arliani, L., Indrayani, L., Tripalupi, L. E., Studi, P., Ekonomi, P., & Ganesha, U. P. (2019). Pengaruh perilaku pelaku usaha dan modal usaha terhadap keberhasilan UMKM di Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerogak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 11(2), 427–436.Arjana, I Gusti Bagus. 2016.Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.Jakarta: Rajawali Pers

Budiyanto, A., & Effendy, A. A. (2020). Analisa Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan terhadap Pemberdayaan Koperasi dan UMKM dan Dampaknya terhadap Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 80-93.

Databoks, 2018. PDB dan Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif Indonesia (2009-2019E). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/12/11/ekonomi-kreatif-indonesia-mencapai-rp-1200-triliun-pada-2019, diakses pada 21 Mei 2024

Dolling, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Effendy, A. A. (2019). “Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan.” Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 66-82.

Effendy, A. A., Budiyanto, A., Nurhadi, A., Murtiyoko, H., & Mas’adi, M. (2020). “Implementasi Kewirausahaan dan Koperasi di Sekolah pada SMK Mulia Buana, Parung Panjang–Kab. Bogor.” DEDIKASI PKM, 1(2), 105-110.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Jatmiko, Wisnu . et. all., (2015). Panduan Penulisan Artikel Ilmiah, Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. Kemenparekraf, Jakarta.

Khotimah, K., Mutmainah, K., & Romandhon, R. (2022). Determinan Keberhasilan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(4), 73-92.

Muna, K., & Hisan, K. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Langsa. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 31-52.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi kreatif pilar pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Rahmi, A. N. (2018). Perkembangan industri ekonomi kreatif dan pengaruhnya terhadap perekonomian di indonesia. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 2, No. 1, pp. 1386-1395).

Rianto, D., & Hidayatulloh, A. (2020). Penggunaan informasi akuntansi dan umur usaha mendorong keberhasilan usaha mikro kecil dan menengah batik di Kota Yogyakarta. SAINS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, XII(2), 299–312.

Rumerung, D. (2018). Analisis tingkat keberhasilan usaha usaha kecil mikro dan menengah di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal SOSOQ, 5, 75–92.

Safitri, H., & Setiaji, K. (2018). Pengaruh modal usaha, dan karakteristik wirausaha terhadap perkembangan usaha mikro kecil di Desa Kedungleper Kecamatan Bangsi Kabupaten Jepara. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 792–800.

Soraya, E. A., & Amir, M. (2016). Faktor- faktor yang mempengaruhi kebutuhan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik. Accounting Analysis Journal, 5(1), 1–8.

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). “Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas ASEAN.” Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Ulhaq, Zulvikar Syambani dan Mayu Rahmayanti. (2020). “Panduan Penulisan Skripsi Literatur Review.” Malang: Fakultas Kedokteran UIN Maulana Malik Ibrahim.

Wibowo, A., & Elisabeth Penti Kurniawati. (2015). Pengaruh penggunaan informasi akuntansi terhadap keberhasilan usaha kecil menengah (Studi pada sentra konveksi di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, XVIII(2), 107–126.

Widodo, S., & Ovita, A. (2021). Determinan Keberhasilan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Bantul. Inventory: Jurnal Akuntansi, 5(2), 87.

Winarni, E., & Mahsun, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Sidoarjo. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 3(3), 51-66.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i2.1229

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: