PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO UMKM GLOBAL BAKERY PARUNG BOGOR

Amirudin Amirudin, Rr Renny Anggraini, Hengki Hermawan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Global Bakery Parung. Metode yang digunakan yaitu asosiatif kuantitatif. Teknik pengambilan menggunakan probability sampling dan diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan dengan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,089 > 1,985). Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan dengan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,399 > 1,985). Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan Y = 6,396 + 0,488X1 + 0,358X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,787 artinya variabel dependent dan independent secara simultan memiliki tingkat kekuatan yang berhubungan sangat kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 61,9% sedangkan sisanya sebesar 38,1% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (78,082 > 2,700), artinya terdapat pengaruh secara signifikan secara simultan antara kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci : kualitas produk; harga; kepuasan konsumen


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditama, R. A. (2019). Pngantar Manajemen Teori dan Aplikasi. Kepanjen: AE Publishing.

Agus Sulaiman, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Hyperment WTC Serpong, Universitas Pamulang (Jurnal Pemasaran Kompetitif ISSN No. print 2598-0823 Vol. 1 No. 1 Oktober 2017)

Ajabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Algifari (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Andi Supangat (2016) Statistika dalam Kajian Deskriftif, Inferensi dan Non Parametic, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ali Mubarok (2018) “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Equity dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi kasus pada PT. Immortal Cosmedika Indonesia Wilayah Tangerang Selatan” Jurnal Pemasaran Kompetitif Manajemen Pemasaran, ISSN NO. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598-2893

Boimau, H & Bessie, J. D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Online Grabbike. Jurnal Manajemen, 14(2). 169-187.

Desan Henriawan “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan” Universitas Sebelas April Copetition, Volume VI, Nomer 2, November 2015, 71-82

Fadillah, (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Prodi Sarjana Manajemen Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah Semarak. 4(1). 2615-6849.

Gilford, J.P (1995). Tratis Creativity Dalam Anderson (2016) Creativity and Its Cultivation, John Wiley, New York.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 4(1). 2527-7502.

Haryoko, U. B., Pratama, A., & Nofitriani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Pt. Media Televisi Indonesia (Metro Tv). Jurnal Ilmiah Feasible Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi,

(2). 2655-9811.

Hasibuan, Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Surabaya: Unitomo Press.

Intan Permata Putri, Retno Wulansari (2022), Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Outlet Ayam Bakar Irzah Cabang Serua Ciputat Tangerang Selatan, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 2, No. 1, Maret 2022, hal 1-10

Lesmana, R. & Ratnasari (2019) Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2). 2598-0823.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i2.1223

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: