PERSONAL SELLING SEBAGAI SARANA PENYEDIA JASA SPG ONLINE DI JABODETABEK

Bagus Prabowo

Sari


Industri Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) yang berkembang maju di Indonesia membuka kesempatan bagi pengusaha untuk berkompetisi dalam memperebutkan pengguna jasa sebanyak mungkin, dan oleh karena itu pelaku usaha perlu melakukan promosi agar informasi tentang produk mereka diterima oleh konsumen. Salah satu cara untuk melakukan promosi adalah dengan teknik Personal Selling yang melibatkan Sales Promotion Girl (SPG). Pelaku usaha merasa agak kesulitan dalam menemukan SPG yang tepat untuk merepresentasikan produk          mereka.  Proses pemesanan SPG yang cukup lama juga agak mengganggu perencanaan mereka akan event yang mereka buat. Bagi SPG, lamanya proses pemesanan juga berdampak kepada lama waktu bagi mereka untuk mendapatkan job baru. get|SPG hadir untuk membantu mendapatkan SPG maupun job yang diinginkan dengan lebih cepat. Menggunakan sistem informasi yang terintegrasi, informasi akan SPG dan event dapat diakses dengan mudah. Waktu pemesanan maupun rekrutmen SPG dapat dipersingkat berkat teknologi yang dapat membuat berbagai  proses yang diperlukan dapat dipersingkat, dibuat bersamaan, bahkan dihilangkan.

Secara keseluruhan, get|SPG merupakan suatu model bisnis yang menarik dengan waktu pengembalian modal antara 2-3 tahun. Ekspektasi pertumbuhan adalah 52-76% per tahun dengan jumlah modal awal yang dibutuhkan sebanyak Rp 750,000,000.

Kata kunci : SPG, MICE, Event, Sistem Informasi, Promosi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ASEAN. (2015). A Blueprint for Growth - ASEAN Economic Community 2015: Progress and Key Achievements. Jakarta: ASEAN. Retrieved from Association of Southeast Asian Nation: http://www.asean. Org /asean - economic-community/

jobsdb.com. (2016, April 04). 17 Retail Sales jobs containing sales promotion girl in All locations jobsDB Indonesia. Retrieved from JobsDB Indonesia: http://id.jobsdb.com/ID/EN/Search/Fin dJobs?KeyOpt=COMPLEX&JSRV=1 &R LRSF=1&JobCat=238&SearchFields= Positions,Companies&Key=sales%20p ro motion%20girl&JSSRC=CSBAS&pos Fix=1

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Harlow: Pearson Education.

Lestari, N. A. (2012). Eksploitasi Pada Perempuan Sales Promtion Girl. Semarang: Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Marketing.co.id. (2011, Juni 30). Mari Menggaet Langsung Pembeli! - Portal Lengkap Dunia Marketing. Retrieved from Portal Lengkap Dunia Marketing: http://www.marketing.co.id/mari- menggaet-langsung-pembeli/

Munawir, S. (2010). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty

Prawironegoro, D. (2007). Akuntansi Manajemen. Jakarta.

Nielsen. (2014, March 19). Meet the New Indonesian Consumer Class of 2020. Diambilkembali dari Nielsen: http://www.nielsen.com/id/en/insights/ news/2014/meet-the-new-indonesian- consumer-class-of-2020.html

Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. New Jersey: John Wiley & Sons,

Richter, A. (2007). Swot Analysis. Idea, Methodology and a Practical Approach. Munchen.

Rouse, M. (2006). Techtarget.com. Retrieved April 11, 2016, from Tech Target: http://searchservervirtualization.techtar get.com/definition/platform

Thompson, A. A., Peteraf, M. A., Gamble, J., & Strickland, A. J. (2014). Crafting and Executing Strategy: The Quest For Competitive Advantage (19th ed.). New York: McGraw-Hill

Tribunnews. (2015, Agustus 28). Retrieved from tribunnews.com: http://www.tribunnews.com/otomotif/2 015/08/28/lia-triyuniar-ketagihan- jalani- profesi-spg

Tribunnews.com. (2013, September 13). Minimal Penghasilan Rp 200 Ribu Per Hari dari Kerja Sebagai SPG. Retrieved from Tribunnews.com: http://www.tribunnews.com/bisnis/201 3/09/15/minimal-penghasilan-rp-200- ribu- per-hari-dari-kerja-sebagai-spg

World Bank. (2015). Population, total. Diambil kembali dari World Bank: http://data.worldbank.org/indicator/SP. POP.TOTL

Yulistara, A., & Rema, D. (2013, April 29). Sstt.. Ketahui Bayaran Model untuk Catwalk Hingga Iklan. Retrieved from Wolipop:http://wolipop.detik.com/read

/2013/04/29/103915/2232711/233/sstt- ketahui-bayaran-model-untuk-catwalk- hingga-ik




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i1.1194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: