PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DAN QUALITY CONTROL TERHADAP KUALITAS PRODUK PT. IK PRECISION INDONESIA CIKARANG JAWA BARAT

Juhaeti Juhaeti

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang ada pada saat ini, persaingan antar perusahaan pun semakin ketat. Salah satu cara agar bisa memenangkan persaingan tersebut adalah dengan menerapkan strategi – strategi yang memberikan perhatian penuh terhadap kualitas produk dan jasa yang dihasilkan. Kualitas produk yang baik dan sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan perusahaan berdasarkan kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: standar operasional produk terhadap kualitas produk PT. IK Precision Indonesia, quality control terhadap kualitas produk PT. IK Precision Indonesia, standar operasional prosedur dan quality control secara simultan terhadap kualitas produk PT. IK Precision Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari hasil angket. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier  berganda, uji validitas dan reliabilitas , uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji linearitas, uji hipotesis serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel standar operasioanal prosedur berpengaruh positif dan signifikan sebesar 25,1% terhadap kualitas produk PT. IK Precision Indonesia, (2) variabel quality control berpengaruh positif dan signifikan sebesar 77,4% terhadap kualitas produk PT. IK Precision Indonesia, (3) variable standar operasional prosedur dan quality control secara Simultan  berpengaruh positif dan signifikan sebesar 68,6% terhadap variabel kualitas produk PT. IK Precision Indonesia, sisanya di pengaruhi oleh variable lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Keywords:  Standar Operasional Prosedur; Quality Control; Kualitas Produk.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Waris. 2020. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Majene.

Darmanto. 2022. Statistika Pengendalian Mutu: Teori, Konsep, dan aplikasinya. Malang: Ub Press.

Daryanto. 2021. Manajemen Produksi. Bandung: Penerbit Yrma Widya

Fajar Nur’aini D.F. 2020. Standar Operating Procedure: Cara Praktis dan Efektif Menerapkan SOP di Segala Macam Bisnis. Yogyakarta: QUADRANT

Gishella, S. 2018. Analisis Penerapan Standard Operational Procedure Dalam Proses Produksi pada PT Pertiwimas Adi Kencana. Agora, 6(2).

Hana, C.W., Wiwik, S., dan Muhammad, K. 2015. Pengendalian Kualitas: Aplikasi pada Industri Jasa dan Manufaktur dengan Lean, Six Sigma dan Servqual. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Kiki, E., Lie, D., Efendi, E., & Sisca, S. 2019. Analisis pengendalian kualitas (quality control) untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan pada cv bina tehnik pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 24-33.

Kurniawan, C. 2019. Pengaruh Sistem Manajemen Mutu dan Quality Control Terhadap Kualitas Produk Pada PT. Damasraya Sawit Lestari.

Kusuma, H. H., & Magnadi, R. H. 2016. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di Sop Buah Freshasan Banjarsari Selatan Tembalang (Doctoral dissertation. UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Mardalia, M. 2021. Analisis Pengendalian Kualitas Dalam Meningkatkan Produk (Studi Kasus Hj Purnama Sasirangan Banjarmasin).

Maria Moreno-Villanueva, etc. 2015. MARK-AGE standard operating procedures (SOPs): A successful effort. Page 18-25.

Pratama Hari Putra, Fauzia. 2019. Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Pengendalian Kualitas Terhadap Keunggulan Bersaing (Survey pada Distro yang ada di Kota Tasikmalaya).

Teuku Isnaini, & Husaini Abdullah. 2021. The Effect Of The Quality Of Raw Materials And Production Processes On The Sales Level Of Tahu Jaya In Mutiara Timur, Pidie Regency .Volume 1, No.2, Pages: 351-360.

Winata, S. V. 2016. Perancangan standard operating procedure (SOP) pada chocolab. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 1-10.

Yani, A. S., & Daka, I. A. 2022. Pengaruh Perencanaan Produksi Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Operasional Yang Dimoderasi Oleh Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada PT. Tritunggal Sinarjaya. Jurnal EBI, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i1.1189

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: