PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ITAMA BEKASI

Atik Budi Paryanti, Tri Erie Wardhani, Eliza Eliza, Danang Djoko Susilo

Sari


Perusahaan dapat meningkatkatkan dan memaksimalkan kinerja karyawan, saat karyawan memiliki Disiplin kerja dan Lingkungan kerja karyawan yang baik dalam melaksanakan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin kerja dan Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan dan pengaruh Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Staf Divisi Warehouse PT. Itama Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian 35 orang dengan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1 sampai dengan 5 dengan menyebarkan kuisioner dan dokumentasi. Metode analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linear berganda,dengan uji t dan uji F sebagai pengujian hipotesis dengan bantuan SPSSversi 22. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Disiplin kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 52,2%; Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 79,7%; disiplin kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan staf divisi warehouse PT. Itama Bekasi. Besar kontribusi disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 68,9%, sedangkan sisanya sebesar 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci : disiplin kerja; lingkungan kerja; kinerja


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, R., & Paryanti, A. B. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Toko Buku Gramedia Matraman Jakarta. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(1).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Edison., Emron., Anwar., Y., & Komariyah., I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, & Irham. (2014). Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi dan Kasus. Bandung: Alfabeta.

Farizki, M. R., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Medis. Ilmu dan Riset Manajemen, 6.

Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Cahaya Indo Persada. Agora, 5.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21 Update PES Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Handoko, T. H. (2014). Manajemen Personalia Dan Sumber Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Henry Simamora. (2013). Panduan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Kaihatu, T. S., Dharmayanti, D., J., & P., K. (2015). Pengembangan Fasilitas Wisata Agro (Studi Kasus di Kebun Wisata Pasir mukti, Bogor). Manajemen dan Kewirausahaan, 17, 41–59. Diambil dari https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.135

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Krisyanto, E. (2019). Pengaruh disiplin kerja dan kesehatan keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Inkabiz Indonesia. Semarak, 2.

Mangkunegara, A. P. (2017). Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Revika Aditama.

Mardiana, E., & Paryanti, A. B. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian HC&GA Group Head PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(1).

Prof. Dr. H. Edy Sutrisno. M.Si. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. jakarta: kencana.

Runtunuwo, H. J., Lapian, J., & Dutolong, L. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.3, No.3. September 2015 ISSN : 2303-11

Sandy Martha, M. (2015). Karakteristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Universitas Widayatama Bandung.

Schultz, D. P. & S. (2010). Working Condition and Work Today. Sixth Edition. New York: Pearson.

Sedarmayanti. (2017). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, sondang p. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Silaen, S. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bandung: In Media.

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia : Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar. (2015). Statistik Parametik Untuk Penelitian Kuantitaitf Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto., B. (2013). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia (Teori Kuesioner, Alat Statistik, dan Contoh Riset). yogyakarta: CAPS.

Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya.

Suwondo, D. I., & Sutanto, E. M. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Terminal Tirtonadi Surakarta. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. Vol.17, No. 2, September 2015: 135–144 ISSN 1411-1438 print / ISSN 2338-8234 online

Syafrina, N. (2017). Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Suka Fajar Pekanbaru. Riau Ekonomi dan Bisnis. Volume 8, No. 4. Desember 2017, ISSN: 1410-7988

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja (Edisi Keem). Jakarta: Rajawali Pers.

Widodo. (2019). Metodologi Penelitian, Populer & Praktis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i1.1187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: