PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN LAYANAN E-COMMERCE
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pemilihan layanan E-Commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sebagai konsumen yang berdomisili di Jakarta Timur. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 242 responden. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner tertutup. Metode analisis data diskriptif kuantitatif, dengan analisis statistic, dimana proses pengolahan data menggungakan software smartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pemilihan layanan e-commerce, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan layanan e-commerce. Sementara itu kemampuan varians variabel independent brand image dan kualitas pelayanan mampu mempengeruhi varians variabel dependen keputusan pemilihan layanan e-commerce sangat kuat, yaitu sebesar 98,1%.
Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Pelayanan, Layanan E-Commerce
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Anisa Kurnia Sari. 2013. Pengaruh Citra Merek Dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian HONDA BEAT, Vol.1 Nomor 1, Januari 2013. Jurnal Ilmu Manajemen. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, Kampus Ketintang Surabaya 60231.
Asrizal Efendy Nasution dan Muhammad Taufik Lesmana (2018), Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan), Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, Volume 1, e-ISSN 2654-6493
Bloemer, Josee, Ko de Ruyter, Pascal Peeters, 1998, “Investigating Drivers of Bank Loyalty: The Complex Relationship Between Image, Service Quality, and Satisfaction”, International Journal of Bank Marketing, Vol 16, Issue 7 Date.
Bowo, Arief, 2008, “Pengorganisasian”, Modul Pengantar Manajemen Program Khusus Karyawan Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Jakarta, di download dari pksm.mercubuana.ac.id/new/elearning
Daniel, W. 2019. Wow! Transaksi ecommerce RI 2021, LOMPAT 151 %. Diakses melalui https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190311101823-37-59800/wow-transaksi-commerce-ri-2018-capai-rp-77-t-lompat151 pada tanggal 19 Agustus 2021 jam 16:02.
Dessler Gary, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesembilan, Jilid I, Indeks Kelompok Gramedia: Jakarta
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Febri Surya Syahputra dan Farah Oktafani (2014, Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, e-Proceeding of Management: Vol.1, No.3, ISSN: 2355-9357
Ferrinadewi, Erna, 2008, Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson
Juvrience Marcius Lim dan Humdiana (2018), Implementasi Algoritma Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Aplikasi Penjualan Online Dengan Studi Kasus : Lauren’s Clothes, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
Keller, K. (2003). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity. New Jersey: Prentice Hall
Lunenburg, Fred C. 2010. The Decision Making Process, National Forum Of Educational Administration And Supervision Journal 27 (4): 1-12.
Sangadji, Etta Mamang; Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi
Skinner & Woodil, Gary. 2004. Operitel Corporation. E-commerce and E-learning. Diakses melalui www.docplayer.net. pada 19 Agustus 2021 jam 16:02.
Sony V Sutedjo, 2017. Influencing of ECommerce Website Towards Young Adult Costumer Purchase Decision in Jakarta Area. E-journal.president.ac.id diakses pada 19 Agustus 2021 jam 16:02.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutedjo, Budi. 2001. Perspektif e-Business. Yogyakarta: Andi.
Turban, E., Liang, T. P., & Aronson, J. E. (2005). Decision Support Systems and Inteligent System
DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v13i1.1024
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: