PENGARUH PROMOSI DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEEFOOD PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIRGANTARA MARSEKAL SURYADARMA JAKARTA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian ShopeeFood pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna layanan makanan minuman melalui Shopee Food pada mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta, dan menggunakan sampel yang terdiri dari 100 responden. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat uji SPSS versi 25. Hasil penelitian didapat pengaruh Promosi dan Kemudahaan Penggunaan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Adapun hubungan kausalitas tersebut ditunjukan oleh persamaan regresi: Ŷ = 89,597 + 0,149 X1 + 1,329 X2, dimana Ŷ Keputusan Pembelian, X1 Promosi dan X2 Kemudahan Penggunaan. Dengan koefisien determinasi atau R2 = 0,252 yang berarti besar kontribusi Promosi dan Kemudahaan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian sebesar 25,2% sisanya sebesar 74,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Promosi, Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian, Shopee Food
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, T., & Tantri, F. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Annur, M. C. (2020). Pesan Makanan Online Jadi Pengeluaran Terbanyak Konsumen saat Pandemi. Diambil 14 Maret 2022, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/12/pesan-makanan-online-jadi-pengeluaran-terbanyak-konsumen-saat-pandemi
Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020. Diambil 20 Maret 2022, dari https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Bayu, J. D. (2021). 10 E-commerce dengan Pengunjung Terbesar pada Kuartal IV 2020. Diambil 14 Maret 2022, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/11/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar-pada-kuartal-iv-2020
Dharmasafitri, A. R. (2021). Pengaruh Voucher Dan User Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Food (Studi Kasus Pada Generasi Z Di Jakarta). Universitas Bakrie. Diambil dari http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/4987
Eka, R. (2021). ShopeeFood Beri Sinyal Masuk Persaingan Layanan “Food Delivery.” Diambil 14 Maret 2022, dari https://dailysocial.id/post/shopeefood-beri-sinyal-masuk-persaingan-layanan-food-delivery
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyanti, D. (2021). Survei KIC: Ada Tiga Layanan Digital yang Semakin Banyak Dipakai Gen Z. Diambil 14 Maret 2022, dari https://katadata.co.id/padjar/berita/60c0385836fd9/survei-kic-ada-tiga-layanan-digital-yang-semakin-banyak-dipakai-gen-z
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Istiarni, P. R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). Diponegori Journal Of Accounting, 3(2), 1. Diambil dari http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Iswara, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.
Jogiyanto, H. (2017). Analisis dan Desain (Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis). Yogyakarta: Andi Offset.
Jorie, R. J., Mandey, S., & Ongoh, D. G. (2015). Analisis Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga Pada Pt. Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 582–594.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Manajemen Pemasaran (15 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 ed.). Pearson Education Inc.
Kusnandar, V. B. (2021). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. Diambil 14 Maret 2022, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia
Mutaqin, J. (2020). Pengaruh Harga, Kepercayaan Konsumen, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Tokopedia Di Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, 4(1), 1–23.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Rachmawati, A., Kana, A. A., & Anggarini, Y. (2020). Pengaruh Harga , Kualitas Produk , dan Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis STIM YKPN, 1(2), 187–200.
Rahayu, I. S. (2015). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 5(2), 137. https://doi.org/10.21927/jesi.2015.5(2).137-150
Rahman, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online. Jurnal Admonistrasi Bisnis, 52(1), 1–7. Diambil dari administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A
Rasyadi, I. (2017). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Mobil Mitsubishi Tipe Pajero (Kasus Dealer Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru ). JOM FISIP, Vol.4 No.1.
Sani, D. F. (2021). Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan E-Commerceshopee Di Kota Padangsidimpuan.
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT.Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Managemen Dan Bisnis, 5 No.2(02), 2.
Septiani, F. (2018). Pengaruh Promosi dan Produk Terhadap Minat Beli (Pada PT. Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta). Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 1(2), 399–415.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan 131 perbandingan perhitungan manual & SPSS. Prenadamedia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kualitatif Kuantitatif Kombinasi dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Suhardi, D., & Taufik, N. (2018). The Analysis of Ease of Use, Trust, and Website Quality towards Purchasing Decision in Lazada.co.id. Indonesian Journal Of Business And Economics, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.25134/ijbe.v1i1.1358
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Suleman, D., Zuniarti, I., & Sabil. (2019). Consumer Decisions toward Fashion Product Shopping in Indonesia: The effects of Attitude, Perception of Ease of Use, Usefulness, and Trust. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 7(2), 133–146. https://doi.org/10.25019/mdke/7.2.01
Tehuayo, E. (2018). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Pada Perilaku Pembelian Produk Yamaha Mio. Jurnal SOSOQ Volume 6 Nomor 2, Agustus 2018, 6(2), 25–34.
Tirto. (2021). Riset Snapcart: GrabFood Pimpin Industri Food Delivery Indonesia. Diambil 14 Maret 2022, dari https://tirto.id/riset-snapcart-grabfood-pimpin-industri-food-delivery-indonesia-glEg
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Usvita, M. (2016). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Akan Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survey Pada Konsumen Lazada.co.id). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 5(1), 47–53. https://doi.org/10.31846/jae.v5i1.126
Venkatesh, & Davis. (2016). Determinants of Perceived Ease of Use: Integrating Control, Intrinsic Motivation, and Emotion into the Technology Acceptance Model. Information Systems Research, 11, 342–365.
Wahyuningtyas, Y. F., & Widiastuti, D. A. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan Dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Barang Fashion Di Facebook). Kajian Bisnis STIE Widya Wiwaha, 23(2), 112–120. https://doi.org/10.32477/jkb.v23i2.208
Widodo. (2019). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v13i1.1022
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: