PENGARUH DIMENSI BUDAYA DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESEPSI KONSUMEN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PURCHASE DECISION PELANGGAN E-COMMERCE DI JAKARTA
Sari
Teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dimanfaatkan oleh sektor usaha dan industry untuk meningkatkan produktifitas. Salah satu cara dengan menggunakan platform ecommerce, cara ini dinilai sangat potensial karena Indonesia merupakan salah satu market ecommerce terbesar di Asia Tenggara. Masyarakat atau pengguna internet kini lebih cenderung membeli ataupun review barang atau jasa secara on-line. Artinya preferensi pembelian sebagian masayarakat mulai mengalami perubahan, hal ini membuat pergeseran budaya pembelian dari konvensional menjadi secara on-line. Maka adanya pergeseran budaya dengan ditunjang penggunaan instrumen komunikasi pemasaran oleh sektor usaha, dapat diukur prespsi konsumen atas e-commerce yang kemudian apakah berimplikasi terhadap purchase decision. Obyek penelitian ini adalah pelanggan e-commerce di Jakarta lalu teknik penentuan sample adalah non probability sampling dengan jumlah sample sebanyak 120 responden. Metode analisis menggunakan Structural Equation Model berbasis variance atau Partial Least Square. Berdasarkan analisis jawaban angket responden didapati seluruh indikator dinyatakan valid dan reliable dan model yang diteliti dikategorikan marginal fit. Hasil penelitian dapat disimpulkan seluruh variabel dimensi budaya berpengaruh terhadap presepsi konsumen sedangkan hanya variabel uncertainty avoidance yang berpengaruh terhadap purchase decision. Untuk dimensi komunikasi hanya variable advertising yang berpengaruh terhadap presepsi konsumen sedangkan seluruh variable dimensi komunikasi tidak berpengaruh terhadap purchase decision.
Kata Kunci: E-commerce, Dimensi Budaya, Komunikasi Pemasaran, Consumer Behaviour
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aristo Surya, 2009 “Analisis Persepsi Konsumen Pada Aplikasi bauran pemasaran SertaHubunganya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Hypermart Cabang kelapa Gading)”, Journal of Business Strategy and Execution 2 Unika Atmajaya.
Basu Swasta & Irawan, 2008 Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Catherine L. Mann & Sue E. Eckert, 2000 Global Electronic Commerce: A Policy Primer, Peterson Institute for International Economics.
David I. Loudon & Albert J. della Bitta, 1993 Consumer Behavior: Concept and Applications. Ed, mc Graw-Hill, Incorporation.
Devia Arda, “Perbandingan Konsep Nilai Budaya Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Hofstede”, Master Thesis Universitas Diponegoro.
Efraim Turban & David King, 2012 Electronic Commerce, Global Edition 7/E, Pearson.
Fandy Tjiptono, 2007 Pemasaran Jasa, Edisi pertama cetakan ketiga Banyumedia Publishing, Malang.
____________, Strategi Pemasaran, Edisi 3 Andi Offset, Yogyakarta.
Henry Assael, Consumer Behavior and Marketing Action, 6 th Edition, Western College Publishing.
Jalaluddin Rakhmat, 2007 Psikologi komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya.
Janner Simamarta, 2005, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
John Kennedy & Rd Soemanagara, 2006 Marketing Communication – Taktik dan Strategi, PT. Buana Ilmu Populer.
Kanuk & Shiffman, 2004 Consumer Behavior, Prentice Hall, Jakarta.
Kenneth C. Laudon & Carol Guercio Traver, 2010 E-commerce (business, technology, society), Pearson.
Kruti Shah & Alan D’souza, 2009 Advertising and Promotion : an IMC Perspective, McGraw-Hill.
Marina Tangko et al, 2013 “Analisis Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Just Coffee Speciality Surabaya”, Jurnal Hospitality dan Management Jasa Universitas Kristen Petra, Volume 4.
Milton Rokeach, 1973 The Nature of Human Values, Free Press.
Nguyen Phuong Mai, 2015 “Hofstede’s Five Value Dimensions Of Culture”, CCA Course Paper University of Amsterdam.
Praba Sulistyawati, 2013 “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Di Kota Semarang”, Jurnal Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Diponegoro.
Purimahua, 2005 “Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maluku di Ambon”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Volume 9.
T. Aliyuddinsyah, 2008 Sales dan Marketing, Pusat dan Bahan Ajar eLearning Universitas Mercubuana.
Tatik Suryani, 2008 Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu.
Rahmat Ramadhan, 2013 “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Poduk Smartphone Blackberry (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Jurusan Teknik Kimia)”, Karya Ilmiah Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Sriwijaya, Tidak Dipublikasi.
Rd Soemanagara, 2012 Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan, Alfabeta.
Rhendira Dinawan, 2010 “Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT. Harpindo Jaya Semarang)”, Tesis Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
Sugiyono, 2006 Metode Penelitian Bisnis cetakan kesembilan, Alfabeta, Bandung.
Suharsimi Arikunto, 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sunyoto, 2013 Proses Pengambilan keputusan Konsumen, CAPS.
Venny Rizki Amelia Aziz, 2015 “Pengaruh Persepsi Risiko Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online Melalui Blackberry Messengger (BBM)”, eJournal Psikologi Universitas Mulawarman.
Vera Pujiani & Eri Besra, 2009 “Pelatihan Penggunaan Teknologi Internet Dikalangan Pengusaha Bordir Di Kota Bukittinggi”, Jurnal Warta Pengabdian Andalas, Volume 25.
Yusnindar et al, 2014 “Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Di Kota Pekanbaru”, Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan Universitas Riau, Volume 12.
DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v7i1.177
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: