Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Efisiensi Kinerja Operasional

Authors

  • Rina Masithoh Haryadi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Aprilia Zaelanti Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Astrid Napita S Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Heriyanto Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.35968/mpu.v15i2.1590

Keywords:

Total Quality Management, kinerja operasional, komitmen jangka panjang, kerjasama tim, pendidikan dan pelatihan

Abstract

Kinerja pegawai yang optimal sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dampak pelaksanan Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja operasional karyawan di Sekolah Menengah Pertama di Kota Samarinda. Fokus penelitian terletak pada empat variabel TQM yaitu komitmen jangka panjang, perbaikan berkesinambungan, kerjasama tim, dan pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini mendukung kepentingan peningkatan kualitas pendidikan melalui pengoptimalan kinerja karyawan, dan keharusan menerapkan manajemen mutu yang holistik di sektor kependidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 32 responden, dan analisis data dengan model Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen jangka panjang dan kerjasama tim mempunyai dampak positif dan bermakna terhadap kinerja operasional karyawan sekolah

References

Berbasis Mutu Virgi Syafiq Ghiyats Brillianov, P. (n.d.). Prinsip-prinsip Total Quality Management dalam Membangun Lembaga. Journal of Islamic Education Management, 10(2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare

Farida, I. N. (2024). Pengaruh Penerapan Total Quality Management terhadap Kinerja Pegawai di Kementerian Agama Kota Bandung. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 179–189. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v2i2.8744

Fatchurochman, N. A., & Yamit, Z. (2022). Artikel Hasil Penelitian Pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus UMKM Makanan Kabupaten Temanggung) (Vol. 01, Issue 02). https://journal.uii.ac.id/selma/index

Geresom, I., & Hazarika, A. (2024). Implementation of Total Quality Management (TQM) in Tertiary Institutions in Uganda: A Case Study of School of Hygiene-Mbale. Journal of Sustainable Development Innovations, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.61552/jsi.2024.01.001

Goetsch, D. L. ., & Davis, Stanley. (2014). Quality management for organizational excellence : introduction to total quality. Pearson.hazra. (n.d.).

Ismara, K. I., & Djatmiko, I. W. (2020). Implementation of Total Quality Management in Vocational High Schools.

Jariah, A., Suriansyah, A., & Ngadimun. (2021). Implementation of Total Quality Management in School Management: Cross Site Study at SMK Negeri 2 Banjarmasin and SMK Negeri 4 Banjarmasin. Journal of K6 Education and Management, 4(2), 175–186. https://doi.org/10.11594/jk6em.04.02.06

KOMITMEN ORGANISASI Definisi, Dipengaruhi & Mempengaruhi. (n.d.).

Kurniawan, W., Maulidin, S., & Rohman, M. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Total Quality Manajemen. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 8(1), 36–53. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v8i1.1924

Mirzaei, F., Tabibi, S., & Nazarimanesh, L. (2020). The Relationship between Teamwork and the Performance of Medical Staff of Shahid Rajaei Cardiovascular, Medical and Research Center in Tehran, Iran in 2016. Iran Journal of Nursing, 33(125), 70–78. https://doi.org/10.29252/ijn.33.125.70

Putu, L., Antari, R., & Setiawan, P. Y. (n.d.). Pengaruh total quality management terhadap kinerja perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero) Denpasar 80000. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 2022. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Rosidin, A., Herawan, E., & Nurdin, D. (2025). Implementing Total Quality Management (TQM) in Education: Enhancing Competitive Advantage and Sustainable Performance in Educational Institutions in Education: Enhancing Competitive Advantage and Sustainable Performance in Educational Institutions. Jurnal Pendidikan, 17(2), 2289–2301.

https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i2.6361

Saparina, R., Wahab, A. A., & Mirfani, A. M. (2023). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENINGKATAN LAYANAN SEKOLAH. http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs

TQM pada pendidikan tinggi. (n.d.).

Umasugi, F., & Djibat, B. (2020). Qualified School Through Total Quality Management Implementation.

Venalia, A., Siti Dwiningrum, & Burgawanti. (2024). Effective School Management Through Total Quality Management. Jurnal Pendidikan Nusantara, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.55080/jpn.v3i1.50

Wijayanti, T. C., Setini, M., Darma, D. C., Purwadi, P., & Alka, P. R. (2020). CONNECTIVITY CONTINUOUS IMPROVEMENT PROGRAM AND EMPLOYEE PERFORMANCE. International Review of Management and Marketing, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.32479/irmm.9161

Published

2025-06-28

How to Cite

Haryadi, R. M., Zaelanti, A., Napita S, A., & Heriyanto. (2025). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Efisiensi Kinerja Operasional . JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 15(2), 424–432. https://doi.org/10.35968/mpu.v15i2.1590