DAMPAK KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN PROFESIONALISME KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMITMEN KERJA KARYAWAN PADA PT XYZ, JAKARTA

Vera Sylvia Saragi Sitio

Sari


Sumber daya manusia didefinisikan sebagai alat yang digunakan untuk membantu mencapai tujuan perusahaan. Salah satu tolak ukur keberhasilan perusahaan adalah pencapain kinerja karyawan. Dalam rangka meningkatkan kinerja diperlukan beberapa variabel pendukung antara lain kualitas sumber daya manusia, profesionalisme kerja dan komitmen kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian terhadap pengaruh kualitas sumber daya manusia, profesionalisme kerja terhadap kinerja karyawan dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini adalah metode kuantatif asosiatif yantuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey yang mana dilakukan untuk pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner.  Populasi pada penelitian ini berjumlah  120 responden. Sampel yang digunakan sebanyak 34 responden dengan teknik sampling purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan structural equation modelling (SEM) untuk menguji hipotesis dengan bantuan alat PLS 3.0.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung kualitas sumber daya manusia terhadap kinerja dan pengaruh professionalisme terhadap komitmen kerja karyawan. Sedangkan hasil dari pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kualitas sumber daya manusia dan profesionalisme kerja terhadap kinerja karyawan dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening

Kata Kunci:   kualitas sumber daya manusia; profesionalisme kerja; kinerja karyawan. komitmen  karyawan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaliyyah, Y. K., Nurhajati, & Khalikussabir. (2021). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Kerja, Profesionalisme Kerja dan Komitmen Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan PDAM Kota Malang. Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 10(13), 82–94.

Atika, K., & Mafra, N. U. (2020). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PlN (Persero) Pelaksana Pembangkit Bukit Asam Tanjung Enim. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 355. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5098

Badrianto, Y., & Gusramlan, R. (2023). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja, dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Agility: Lentera Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(01), 32–40. https://doi.org/10.59422/lmsdm.v1i01.60

Busro, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ke 1. Jakarta: Prenada Media Group.

Djemma, S. A., Muktamar, A., & Faradilla, A. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja dan Disiplin Kerja Sebagai Faktor Peningkatan Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Pertanahan Kabupaten Wajo. PRECISE: Journal of Economic, 1(2), 52–66. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/19/18

Flippo, E. B. (2000). Personal Management. Tokyo: McGraw- Hill Inc.

Gerhana, W., Rezti, R., & Wasis, W. (2019). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Karyawan Dinas Pendidikan Hulu Sungai Selatan). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 49–57. https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i1.50

Hair, J.F, et al. (2014). A Primer On Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Unites States of America: SAGE.

Harefa, A. (2004). Membangkitkan Etos Profesionalisme. Jakarta: Gramdia Pustaka Umum.

Hasibuan, N. S., & Yuliana, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Cabang Medan Denai. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 529–536.

Imelda, S., Yusuf, M., Basri, A., Andriyansyah, F., & Et, A. (2022). Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja, Dan Komitmen Sebagai Faktor Pendukung Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal ESCAF, 47–60.

Kakilo, R., Hinelo, R., & Podungge, R. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM di Kota Gorontalo. YUME : Journal of Management, 5(3), 358–366. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.347

Luthans. (2008). Perilaku Organisasi Edisi Kesepuluhan. Yogyakarta: Andi Offset.

Matindas. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Lewat Konsep Aku (Ambisis, Kenyataan, Usaha). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Mulyasa. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Cetakan keempat. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Sastro, H. S. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan, Administratif dan Operasional. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Sitohang, S. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pengrajin Sentra Industri Kecil Tenun Ikat. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 14(1), 57. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2010.v14.i1.2116

Sugeng. (2003). Personal Management. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Ke-26.

Sutarni, H., & Sophian, S. (2024). Dampak Kualitas Sumber Daya Manusia Profesionalisme Kerja dan Komitemen Kerja Pegawai (Studi Kasus Kantor Balai Nasional Siberut Padang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(2), 177–191. Retrieved from https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i2.1468

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v15i1.1399

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: