TINJAUAN MENDALAM TENTANG PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA: TANTANGAN, STRATEGI DAN INOVASI DI PT TIRTA MAHAKAM RESOURCE TBK

Nurfitriani Nurfitriani, Umi Kulsum, Sunarto Sunarto, Heriyanto Heriyanto

Sari


Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) merupakan aspek krusial dalam keberhasilan organisasi. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan, strategi, dan inovasi dalam pengelolaan SDM di berbagai organisasi. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen dari praktisi SDM yang berpengalaman di berbagai industri. Hasil penelitian mengungkapkan tantangan utama seperti menarik dan mempertahankan talenta, membangun budaya organisasi yang positif, mengembangkan keterampilan karyawan, mengelola keanekaragaman, serta menjaga keseimbangan antara produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Untuk mengatasi tantangan tersebut, organisasi menerapkan strategi seperti perekrutan yang efektif, program pengembangan kepemimpinan, pelatihan berkelanjutan, kebijakan kompensasi yang kompetitif, dan hubungan industrial yang harmonis. Selain itu, inovasi dalam pengelolaan SDM menjadi semakin penting, seperti analitik SDM, penggunaan teknologi AI dan machine learning, desain pengalaman karyawan, model kerja fleksibel, serta integrasi aspek keberlanjutan dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi organisasi dalam mengembangkan praktik pengelolaan SDM yang efektif, adaptif, dan berkelanjutan untuk menghadapi dinamika bisnis yang terus berubah dan menjaga daya saing.

Keywords:  pengelolaan SDM; tantangan SDM; strategi SDM; inovasi SDM.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriansyah, E. A. (2016). Penggunaan Software ATLAS.ti Sebagai Alat Bantu Proses Analisis Data Kualitatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 53–63.

Armstrong, M. ; T. (2014). Human Resource Management Practice by Kogan Page Limited (13th ed.). Amherst Massachusetts: HRD Press.

Bahri, S., & Arafah, N. (2020). Analisis Manajemen SDM Dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Di Era New Normal. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 20–40.

Bukit, B, et al. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Desra (2019). 6 Strategi Perusahaan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. https://www.jurnal.id/id/blog/6-strategi-perusahaan-menghadapi-erarevolusi-industri-4-0/.

Dodds, dan Hess (2020, July 17). Adapting research methodology during COVID-19: lessons for transformative service research. Journal of Service Management, 1757-5818. doi:https://doi.org/10.1108/JOSM-05-2020-0153

Gyambrah, M, et al. (2017, September). Human Resource Development (HRD) Practise of Non-Govermental Organisations (NGO's) in Ghana's Health Sector. International Journal of Science and research Publications, 373-380.

Hasyim, S. (2017). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KELOMPOK USAHA PENGOLAHAN IKAN OLEH DINAS PERIKANAN DI KABUPATEN SINJAI. Makasar.

Kadarisman. (2017). Managemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lobe, B et al. (2020). Qualitative Data Collection in an Era of Social Distancing. International Jurnal of Qualitative Methods, 19, 1-8. doi:10.1177/1609406920937875

Maulina, R. (2019). Strategi Pengembangan SDM yang Tepat untuk Perusahaan. Retrieved from https://sleekr.co/blog/strategi-pengembangan-sdm/

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i2.1218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: