IMPLEMENTASI METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DALAM SISTEM PENGENDALIAN INVENTORY DI PT SINERGI KREASI UTAMA

Ilham Fahruliansyah, Atik Budi Paryanti

Sari


Saat ini sistem pengelolaan dan pencatatan persediaan barang (stock opname) belum dilakukan secara komputerisasi, sehingga terdapat beberapa persediaan atau kekurangan seperti proses pencatatan barang masuk dan keluar yang tidak efektif dan efisien karena membutuhkan waktu yang lama. untuk mengambil stok atau data inventarisasi. . Selain itu, karena banyaknya jenis barang yang tersedia dan proses pendataan yang masih manual dapat menyebabkan terjadinya redudansi data stock, kesalahan perhitungan atau perbedaan data inventory dengan jumlah fisik barang di gudang. Metode yang digunakan untuk mengendalikan persediaan adalah metode Economic Order Quantity (EOQ). Sedangkan metode wawancara data yang digunakan, observasi dan studi literatur. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC dengan model waterfall. Penulis melakukan perancangan seperti UML (Unified Modeling Language). Pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Aplikasi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengontrol persediaan barang dan melakukan pendataan (stock opname) barang masuk dan keluar, sehingga stok barang dapat dikontrol, mengatasi perbedaan stok barang setiap bulan dan menghindari penumpukan atau kelebihan barang yang disimpan (overload). Aplikasi yang dapat memudahkan perusahaan untuk mendapatkan informasi warning atau alert stok produk minimal.

Kata Kunci : implementasi, metode EOQ, pengendalian, persediaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adrifa, R., Kurniawan, R., & Sofiyan, A. (2018). Perancangan Sistem Pengontrolan Stok Barang Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ). Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, 10(1), 39-47.

Andiana, M., & Pawitan, G. (2018). Aplikasi Metode EOQ Dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku PT X. Jurnal Akuntansi Maranatha, 10(1), 30-40.

Apriyani, N., & Muhsin, A. (2017). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity Dan Kanban Pada Pt Adyawinsa Stamping Industries. Jurnal OPSI – Optimasi Sistem Industri, 10 (2), 128-142.

Djahir, Y., & Pratita, D. (2015). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Hexatama, A.Y., & Amin, F. (2018). Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Berbasis WebMobile. Prosiding SINTAK, 382- 387.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Indrajani. (2015). Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Iqbal, T., Aprizal, D., & Wali, M. (2017). Aplikasi Manajemen Persediaan Barang Berbasis Economic Order Quantity (EOQ). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), 49-60.

Irawan, A., Hasna, A., & Pahlevi, R. (2016). Sistem Informasi Perdagangan Pada PT Yoltan Sari Abstraksi Administrasi Manajemen. Jurnal POSITIF (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 8-15.

Juwari., Kusrini., & Pramono, E. (2018). Analisis Sistem Inventory Manajemen Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ). JUSIKOM PRIMA(Jurnal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima), 2(1), 33-40

Muhandhis, I., & Setiawan, A.P. (2019). Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Obat Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Berbasis Web. Jurnal Pendidikan dan Informatika, 6(1), 1-9.

Palupi, P.M., Korawijayanti, L., & Handoyono, R. Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Untuk Meningkatkan Efisiensi Biata Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus Pada PT Nusamulti Centralestari). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1(1), 426-435.

Rahmawati, R., Agung, A.A.G., & Sukmawati, F. (2015). Aplikasi Perhitungan Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity Berdasarkan Varian Produk. Prosiding (SENAPATI) Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 205-209.

Rafliana, T., & Suteja, B.R. (2018). Penerapan Metode EOQ dan ROP untuk Pengembangan Sistem Informasi Inventory Bengkel MJM berbasis Web. JUTISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 4(2), 345-354.

Romney, M.B., & Steinbart. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 13, Alihbahasa: Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari, Jakarta: Salemba Empat.

Rubhiyanti, R., Pratiwi, I., & Febryantahanuji. (2018). Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Untuk Persediaan Barang Berbasis Web. Jurnal Akuntansi & Ekonomi FE. UN PGRI Kediri, 3(2), 12-23.

Rufaidah, A., & Fatakh, A. (2018). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Di PT. X. Management Systems & Industrial Engineering Journal, 1(2), 40-45

Sitorus, L. (2015). Algoritma dan Pemrograman. Yogyakara: Andi Offset.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika




DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v13i2.1067

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: