PENERAPAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL PADA SISTEM PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SABUN BATANG DI PT. CLASSIC INTERMARK, TANGERANG

ZULFIKAR TAUFIQURRACHMAN, HARI MOEKTIWIBOWO, BASUKI ARIANTO

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa tingkat kecacatan yang terjadi pada produksi sabun classic white di PT. Classic Intermark, bagaiman penerapan statistical processing control, dan bagaimana perbaikan penyebab kecacatan produk classic white. Akibat dari masalah dalam proses produksi ini maka akan timbul kerugian bagi perusahaan yang diakibatkan banyaknya cacat produksi yang terjadi. Pada metode penelitian yang digunakan adalah Statistical Process Control, check sheet, histogram, diagram pareto, p chart, diagram sebab-akibat, perbaikan 5W1H, yaitu sebuah metode statistik yang digunakan check sheet kemudian diolah kemudian histogram kemudian diagram pareto kemudian pchart kemudian diagram sebab-akibat kemudian perbaikan 5W1H untuk mengukur sejauh mana proses pengendalian kualitas yang dilakukan pada suatu perusahaan, dimana hasilnya dibandingkan dengan standar yang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian kualitas produk pada PT. Classic Intermark masih belum terkendali. Jenis kerusakan yang paling banyak terjadi adalah terpotong/retak dengan total 34.405 pcs atau 66,66%, kopong 9.449 pcs atau 18,31% , dan tidak presisi/tidak jelas 7.760 pcs atau 15,03% dari total produk cacat pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2017. Dari hasil observasi lapangan dan wawancara, faktor-faktor yang menjadi penyebab kerusakan ini adalah faktor manusia, mesin, lingkungan, metode kerja dan bahan baku. dalam perbaikan 5w1h yang harus diperbaiki yaitu faktor manusia, faktor material, faktor mesin, faktor metode, faktor lingkungan.
Kata Kunci: Sabun Batang, Statistical Procces Control (SPC), dan 5W1H


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, Sofjan. 2016. ManajemenOperasi Dan Produksi Edisi 3.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Devani Vera dan Wahyuni Fitri.Jurnal Pengendalian Kualitas Kertas Dengan Menggunakan Statistical Process Control di Paper Machine 3. JurusanTeknikIndustri, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru Gaspersz Vincent. 2002. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. HeizerJay danRender Barry. 1997. Prinsip – Prinsip Manajemen Operasi. Jakarta : Selemba Empat, 2001 Juran J.M. 1998. Juran's Quality Control Handbook, 5th edition, McGraw Hill, Inc. Kholil Muhammad dan Mulya Rudini. Jurnal Pengendalian Kualitas Dengan Metode Quality Control Circle Qcc 7-Tools. Program Studi Teknik Industri Universitas Mercubuana – Jakarta Montgomery Douglas C. 2001. Introduction to Statistical Quality Control, 6thedition, Jhon & Sons, inc. Nasution MN. 2005.Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia. RitzmanandKrajewski.1987.Operation Management, Strategy & Analysis. Wesley Publishing Company, Inc. Wignjosoebroto.2003. Pengantar Teknik dan Managemen Industri. Surabaya: PT. Guna Widya.




DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v6i2.224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: