
Pengaruh Tempat, Harga Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Penjual Makanan Tradisional
Sari
Abstract — Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tempat, harga yang dirasakan, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada penjual makanan tradisional di sekitar lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 52 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan pengolahan dan analisis data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penelitian (tempat, harga, dan kualitas layanan) masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dapat juga disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan tidak langsung dipengaruhi oleh lokasi, harga, dan kualitas layanan. Lokasi dan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui variabel kualitas layanan sebagai perantara.
Keywords — Tempat, persepsi harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adha, B. (2022). Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital: Sebuah Tinjauan Literatur. Jipis, 31(2), 134–148.
Afrianti, A. R., Santoso, E., & Wahyuningsih, D. W. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Celebrity Endorsment terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal AKTUAL, 20(1), 105–123.
Agung, H., Marta, R. F., Wang, C., & Amanda, M. (2021). Brand image’s impression on impulsive buying of healthcare products. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(3), 569–583. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i3.3806
Amrullah, M. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Elektronic Word of Mouth terhadap Pembelian Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Indonesia. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 1–5. https://doi.org/10.29303/alexandria.v2i1.28
Anggraini, R., & Yana, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Tempat, dan Kualitas Makanan Khas Melayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner di Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1081–1094. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.697
Aprilia, S., Ati, N., & Sekarsari, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Dampit Dalam Menanggapi Pengaduan Masyarakat. Jurnal Respon Public, 14(5), 1–13.
Ardiansyah, F., & Aprianti, K. (2020). Pengaruh Keberagaman produk dan lokasi penjualan terhadap kepuasan konsumen pada Kantin Yuank Kota Bima. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Chairudin, A., & Sari, S. R. (2021). Model Hubungan Citra Merek dan Minat Beli Ulang : Peran Kepuasan Pelanggan dan Kesetiaan Pelanggan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(2), 112. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v17i2.1259
Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KEDAI KOPI KALA SENJA. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124
Dimas, D. K., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal Manager, 5(1), 348–358. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.553
Erlinawati, E., & Muslimah, M. (2021). Test Validity and Reliability in Learning Evaluation. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 26. https://doi.org/10.51278/bce.v1i1.96
Fajaliandra, D. S. (2023). Pengaruh Sensitivitas Harga Terhadap Niat Membeli Konsumen Melalui Persepsi Harga Dan Emosi Konsumen(Studi Kasus Konsumen Indomaret Di Kota Pangkalpinang). Journal Of Social Science Research, 3, 108–121.
Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 80–105.
Gustia, D. (2024). Pengaruh Nilai yang Dirasakan dan Sensivitas Harga terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Niat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung ). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol, 7(1), 210–225. https://doi.org/https://doi.org/ 10.36778/jesya.v7i1.1422
Hasanah, A. S., Hindrayani, A., & Noviani, L. (2023). Pengaruh Sikap dan Sensitivitas Harga Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau. Journal on Education, 5(4), 16821–16833. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2879
Humris, M. U. A. F., Muhammad Sadat, A., & Rahmi. (2022). Pengaruh Harga dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Dimediasi oleh Citra Merek Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(2), 404–417. https://doi.org/10.21009/jbmk.0302.06
Husaini, F., & Hutar, A. N. R. (2022). ANALISIS FAKTOR KEGAGALAN WIRAUSAHA. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(1), 119–134. https://doi.org/10.53625/juremi.v2i1.2400
Iis Nurlaela, D. H. (2017). ANALISIS EFEKTVITAS PROGRAM REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DI PASAR BULU KOTA SEMARANG. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 1–16.
Kartawinata, S. R. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Self Esteem dan Store Environment terhadap Impulse Buying pada Konsumen Miniso di Surabaya. Agora, 9(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/11774%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/viewFile/11774/10388
Khaira Sihotang, M. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk PT.HNI HPAI). Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 01(02), 399–413. http://trianglesains.makarioz.org
Kurniawan, A., & Firmansyah. (2024). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Rumah di Bukit Indah Residence Pangkalan Balai. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8(April), 573–581.
Maharani, N., Pratama, P., Turmudzi, I., & Kunci, K. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis Pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Mojokerto saat Pandemi Covid-19 Pendahuluan Di era globalisasi , pertumbuhan ekonomi terjadi begitu cepat , begitu pula besar dari usaha menengah di Indonesia . 2. 02(01), 71–84.
Michelini, A., Eshraghi, A., & Andrysek, J. (2020). Two-dimensional video gait analysis. Prosthetics & Orthotics International, 44(4), 245–262. https://doi.org/10.1177/0309364620921290
Nabilla, S. B., Silcyljeova, M., & Reitty L, S. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada Umkm Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Emba, 9(3), 1530–1538.
Nugraha, K. S. W., & Maliki, B. (2021). Peran Sensitivitas Harga dalam Memoderasi Minat Pembelian. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.9879
Puji Isyanto, Yayan Alpian, & April Lia Hananto. (2024). PENINGKATAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MENDUKUNG KINERJA PEMASARAN UMKM PADA KOMUNITAS SAHABAT UMKM KABUPATEN KARAWANG. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v6i1.6215
Rani, P., Permana, A., & Karunia, E. (2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN BERDASARKAN BAURAN PEMASARAN PADA SUPERMARKET K-STORE KRAKATAU JUNCTION Rani Puspa , 2 ) Angrian Permana , 3 ) Erika Karunia Email : bu.ranipuspa@gmail.com Email : erika.karunia@gmail.com ABSTRAK Variabel dalam. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(02), 208–216.
Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M. I. (2019). Impact of Promotion, Price and Product Quality on Oppo Smartphone Consumer Loyalty. Science and Technology Research Journal, 4(2), 161–174.
Sani, S. A., Silalahi, P. R., Alkahfi, M. A., & Harahap, A. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Sistem Online Trading Berbasis Syari’ah: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(4), 1623–1637. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i4.1864
Sinambela, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Portobello Café Semarang ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231–240.
Suarmawan, K. A. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN USAHA DI DESA BULIAN , KEC . KUBUTAMBAHAN ) Kadek Agus Suarmawan Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 2.
Tirtayasa, S. (2023). Navigating the E-Commerce Temptation : an in-Depth Analysis of Impulse Buying in Shopee with Inflation as a Moderator. 10(2), 261–271.
Tombeng, B., Ferdy, R., & Rumokoy, F. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN RAJA OCI MANADO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 245–256. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22918
DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v13i2.1436
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: