ANALISIS SIMULASI KAPASITAS PENGIRIMAN KARGO DARI JAKARTA KE BANJARMASIN MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM FLOW
Sari
Pengiriman kargo oleh jasa ekspedisi selain melalui jalur darat juga melalui transportasi udara yang menggunakan ruang belly cargo dari pesawat angkut penumpang berjadwal. Variasi tipe pesawat angkut yang digunakan oleh berbagai maskapai menghasilkan variasi kapasitas belly cargo. Perbedaan kapasitas tersebut mempengaruhi proses pengiriman kargo apabila terdapat rute dengan transit dan ganti tipe pesawat. Penelitian ini melakukan perhitungan kapasitas maksimum dengan simulasi pada pengiriman kargo dengan rute Jakarta (CGK) ke Banjarmasin (BDJ). Kapasitas maksimum dihitung meggunakan metode maximum flow. Perhitungan diawali dengan mengumpulkan data semua rute yang menghubungkan CGK dan BDJ dan tipe pesawat yang digunakan, menghitung kapasitas kargo setiap tipe pesawat yang digunakan, dan menghitung kapasitas maksimum dengan metode maximum flow. Hasil metode maximum flow untuk semua rute penerbangan yang menghubungkan CGK menuju BDJ menghasilkan kapasitas kargo maksimum sebesar 225,8 m3 . Rute CGK-UPG-BDJ menyisakan kapasitas kargo sebesar 55,1 m3 dan rute CGK-BPN-BDJ menyisakan kapasitas kargo sebesar 55,6 m3 dikarenakan adanya perbedaan jenis pesawat. Kata Kunci: Belly Cargo, Maximum Flow, Jakarta-Banjarmasin
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aero Corner., 2017, Specs, History
Airbus A320-214:
https://aerocorner.com/aircraft/airbusindustrie-a320/ Diakses pada
tanggal 4 Maret 2022.
Aero Corner., 2018,
Price,Specs,History Boeing 737-
:
https://aerocorner.com/aircraft/boeing737-800/ Diakses pada tanggal 10
Maret 2022.
Airbus., 2020, Aircraft Characteristics
A320:
https://www.airbus.com/sites/g/files/j
lcbta136/files/2021-11/AirbusCommercial-Aircraft-AC-A320.pdf
Diakses Pada tanggal 16 Agustus
Andriany. Hardiana Devita., 2016,
Algoritma Ford-Fulkerson Untuk
Memaksimumkan Flow Pada
Penjadwalan Jalur Kereta Api,
Thesis, Universitas Islam Negri
Maulana Malik Ibrahim.
Atr Aircraft., 2020, The Leading
Turboprop ATR 72-600:
https://www.atr-aircraft.com/wpcontent/uploads/2020/07/2018_06_
atr_72_marketing_booklet_153.pdf
/Diakses Pada Tanggal 16 Agustus
Boeing., 2013, Airplane Characteristics
:
https://www.boeing.com/assets/pdf/co
mmercial/airports/acaps/737.pdf/
Diakses Pada tanggal 16 Agustus
Cargo Tech., 2016, Pengertian Kargo,
Jenis, dan Klasifikasinya.
https://Cargo.tech/blog/apa-itu-cargopengertian-dan-jenisnya/ Diakses
pada tanggal 4 Maret 2022.
Farizal. Thesa., 2014, PENCARIAN
ALIRAN MAKSIMUM DENGAN
ALGORITMA FORD-FULKERSON
(Studi Kasus pada Jaringan Listrik
Kota Tegal). Journal of mathematics.
Vol 3. No 1.
Flight Tracker-Real Flight Tracker.,
:
https://www.flightradar24.com/-
1,109.59/8 Diakses Pada Tanggal
Maret 2022.
Greenberg, J. (1998). Max Flow
Labeling Algorithm.
http://glossary.computing.society.inf
orms.org/notes/maxflowFF.pdf
Diakses pada tanggal 4 Maret 2022.
Hangar Flight., 2016, Specs, History
ATR 72:
https://hangar.flights/aircraft/atr-72-
/ Diakses pada tanggal 4 Maret
Hangar Flight., 2016, Specs,History
Boeing 737-900:
https://hangar.flights/aircraft/boeing737-900er/
Diakses pada tanggal 10 Maret 2022.
Sri Mulyono., 2004, Riset Operasi,
Fakultas Ekonomi, Universitas
Indonesia.
Tiket Pesawat.,2022 :
https://www.traveloka.com/id-id/
Diakses Pada Tanggal 26 Maret
DOI: https://doi.org/10.35968/jtin.v12i1.1057
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: