ANALISA QUALITY OF SERVICE (QoS) DI AREA TANGERANG - BANTEN
Sari
Telekomunikasi sangat penting bagi masyarakat di semua kalangan baik usia, golongan maupun status. PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai salah satu penyelenggara jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia harus memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memilih jaringan telekomunikasi lain untuk pemenuhan kebutuhan komunikasi. Tetapi dalam kenyataannya dalam berkomunikasi maupun mengirim informasi masih ada aja kendala yang sering terjadi, seperti terjadi keterlambatan dalam mengirim maupun menerima informasi baik data, gambar (saat bermain game) maupun suara. Maka dianalisalah masalah tersebut dengan cara mencari data-data yang berhubungan dengan Jitter, Latency dan Througput, masalah yang sering terjadi biasanya di Area Tangerang-Banten, tapi lebih di spesifik lagi di wilayah yang besar seperti Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kota Serang. Maka didapat hasil Jitter di Area Tangerang-Banten untuk tiga wilayah didapat katagori “Good” , hasil Latency di tiga wilayah didapat katagori “Prefect”, sedangkan Througput di tiga wilayah didapat katagori “Good”, kemudian setelah dianalisa secara keseluruhan baik Jitter, Latency maupun Througput didapat QoS di Area Tangerang-Banten dengan indeks 3,3 yaitu dengan katagori Memuaskan.
Kata Kunci : Jitter, Latency, Througput, Quality Of Service, Area Tangerang-Banten
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprianto Budiman, M. Ficky
Duskarnaen, Hamidillah Ajie,
“Analisa Quality of Service (QoS)
Pada Jaringan Internet SMK
Negeri 7 Jakarta”, Jurnal Pinter,
Vol. 4 No. 2, 2020 .
Vanny Andini, Lipur Sugiyanta
Bachren Zaini, “Analisa Kinerja
Parameter Throughput Dan delay
Januar Al Amien, Harun Mukhtar,
Edo Arribe, “Komunikasi Data”,
ISBN : 978-623-02-2334-1.
Budhi Irawan, “Jaringan
Komputer”, Graha Ilmu.
Uke Kurniawan, “Pengantar Ilmu
Telekomunikasi”, Informatika
DOI: https://doi.org/10.35968/jti.v10i1.963
DOI (PDF): https://doi.org/10.35968/jti.v10i1.963.g931
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: