PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI BBM PONSEL PINTAR ANDROID
Sari
ABSTRAK
Pengguna ponsel pintar android saat ini dapat menikmati berbagai macam kemudahan dalam berkomunikasi dan berbagi data seperti gambar, video, dan emoticon kepada teman dan keluarga. Berbagai aplikasi pesan instan seperti Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp (WA), line dan lain-lain diperkenalkan dan menjadi popular. Pesan instan BBM sebelumnya diperkenalkan oleh blackberry dan dijalankan pada sistem operasi blackberry. Saat ini, ponsel pintar dengan sistem operasi android sudah mengakuisisi BBM dan dijalankan pada sistem operasi android. Meskipun fitur, fungsi dan tujuannya sama, pengguna mungkin mempersepsikan BBM pada blackberry berbeda dengan BBM pada android. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerimaan teknologi aplikasi BBM yang dijalankan pada sistem operasi android. Pengukuran tingkat penerimaan teknologi aplikasi BBM dilakukan menggunakan model penerimaan teknologi (TAM). Tiga variabel TAM digunakan, yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, dan sikap. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan dan dikumpulkan dari 200 orang pengguna aplikasi BBM pada ponsel pintar android. Data yang terkumpul diolah menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat tidak mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan. persepsi manfaat tidak mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan dan kemanfaatan mempengaruhi sikap pengguna dalam menerima teknologi aplikasi BBM pada ponsel pintar android.
Kata Kunci : Sosial Media, BBM, TAM, SEM
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amijaya, Gilang Rizky. 2010, “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan,
Resiko, dan Fitur Layanan terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking.”
Universitas Diponegoro, Semarang Jawa Tengah.
http://eprints.undip.ac.id/22558/1/GILANG_RIZKY_AMIJAYA.pdf
Fajrina, Hani Nur. 10 Januari 2016, Banyak Pengguna Android di Indonesia Pakai BBM. http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150625102456-185-62253/banyak-pengguna-android-di-indonesia-pakai-bbm
Davis, Fred. D, Richard P. Bagozzi and Paul R. Warshaw, 1989 “User Acceptance
Of Computer Technology : Comparison of Two Theoritical Models” Managment Science Vol. 35 No. 8
Haryono, Siswoyo dan Parwoto Wardoyo, 2012. “Structural Equation Modeling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan AMOS 18.00” Cetakan pertama Penerbit, Jakarta : PT. Intermedia Personalia Utama.
Sujarweni, V. Wiratna, 2015. “SPSS Untuk Penelitian” Cetakan 1, Yogyakarta :Pustaka Baru Press.
Wijanto, Setyo Hari, 2015. “Metode Penelitian Menggunakan Structural Equation Modeling dengan LISREL 9” Cetakan 1, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Nistanto, Reska K.10 Januari 2016, BlackBerry Umumkan Jumlah Pengguna Aktif BBM.
http://tekno.kompas.com/read/2014/09/30/1304471/BlackBerry.Umumkan.Jumlah.Pengguna.Aktif.BBM
DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v5i1.414
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: