PENGEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE DENGAN MEMBERDAYAKAN TEKNOLOGI INTERNET
Sari
Internet dalam bisnis digunakan untuk pertukaran informasi, katalog produk, media promosi, surat elektronik, bulletin boards, kuesioner elektronik, dan mailing list. Internet juga bisa digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan konsultasi dengan konsumen secara on-line, sehingga konsumen dapat dilibatkan secara proaktif dan interaktif dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk. Pemasaran lewat internet ada 2 metode, yaitu push dan pull marketing. Keunggulan strategi bisnis yang dapat diperoleh dari internet adalah komunikasi global dan interaktif; menyediakan informasi dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen; meningkatkan kerja sama; memungkinkan untuk membuka pasar, produk, atau pelayanan baru; serta mengintegrasikan aktivitas secara online. Aplikasi Electronic Commerce ada 2, yaitu: Business-to-Consumer dan Business-toBusiness Commerce. Pembayaran transaksi electronic commerce diatur dalam Sistem Electronic Funds Transfer, sedangkan keamanan datanya diatur oleh Secure Socket Layer yang dikembangkan menjadi Secure Electronic Transaction
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cronin, Mary. Doing More Business on the Internet. 2nd ed. New York: Van Nostrand Reinhold. 1995. 2. Cronin, Mary. Global Advantage on the Internet. New York: Van Nostrand Reinhold. 1996 3. Grow, Kathleen. "Risk vs. Opportunity." Computerworld. 1997. 4. Kalakota, Ravi, and Andrew. Frontiers of Electronic Commerce. Reading, MA: Addison-Wesley. 1996 5. Kasali, Rhenald. "Peluang Pasar di Internet Sangat Besar." DotCOM. 1999. 6. Kasali, Rhenald. "Peluang Pasar eCommerce dan Bagaimana Menyiasatinya." Makalah Seminar Sukses Berbisnis di era Internet: Kiat Membangun Situs Web yang Populer. Hyatt Regency, Surabaya. 2000. 7. Kastner, Peter, and Christoper Stevens. Electronic Commerce: A True Challenge for IT Manager. In "Enterprise Solutions: Electronic Commerce," Computerworld. 1997. 8. O'Brien, James A. Management Information System: Managing Information Technology in the Internetworhed Enterprise, Fourth Edition, United States: Irwin Mc.Braw-Hill. 1999. 9. Yuhefizar. 10 Jam Meng. Internet, Teknologi, dan Aplikasi. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2005
DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v1i1.32
Refbacks
Indexed by: