Sistem Manajemen Keselamatan Untuk Meningkatkan Pelayanan Lalu Lintas Udara
Sari
Penerapan safety management system diharapkan dapat dikurangi kehilangan (losses) atas nyawa dan harta benda penumpang, kerusakan properti maskapai penerbangan, dan yang lebih buruk lagi pencabutan izin terbang dari pemerintah yang dapat mengakibatkan kerugian. Dengan safety management system diharap kan hal tersebut dapat dihindari dan diminimalisir sehingga dapat memperbaiki produktivitas organisasi. Safety management system menyediakan perencanaan tujuan (goal setting), perencanaan (planning), dan pengukuran kinerja organisasi (measuring performance) dalam bentuk safety program yang harus dilaksanakan secara bertahap dan sistematis. Safety program is an integrated set of regulations and activities aimed at improving safety Pada saat pengatur ratusan pesawat yang bermanuver di sisi udara dan terbang memenuhi separuh ruang udara Indonesia, juga mengoperasikan ribuan instrumen termasuk peralatan dan mesin dengan teknologi yang beragam. Kompleksitas yang terjadi dalam keseharian aktivitas personal PT (Persero) Angkasa Pura II tersebut harus dikelola sedemikian rupa sehingga tidak sampai menimbulkan implikasi yang tidak dapat ditolerir. Safety Management System (SMS) merupakan suatu proses yang dapat dilakukan PT (Persero) Angkasa Pura II dalam perannya sebagai organisasi penyedia jasa pelayanan lalulintas udara penerbangan dalam upaya menjamin bahwa semua aspek dalam penyediaan jasa penerbangan tersebut telah ditata secara tepat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baedhowi. 2007. Revitalisasi Sumber Daya Aparatur dalam Rang¬ka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Ad¬ministrasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi Vol.15, No.2 (Mei).
Booth dan Lee. 1995. Safety Management. Journal of Engineering Manufacture.
Bruce L. Berg. 2004. Qualitative Research Methods. USA: Pear¬son Education, Inc.
Faisal, Sanapiah. 1992. Format-Format Penelitian Sosial: Dasar¬Dasar dan Aplikasi, Jakarta: CV Rajawali.
Koentjaraningrat. 1991. Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LPKES.
Neumann, W.L. 2003. Sosial Research Methods: Qualitative and Quantitative Approach, USA: Allyn and Bacon.
Robert K. Yin. 1996. Studi Kasus (Desain dan Metode) Penerjemah M. Djauzi Mudzakir, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LPKES.
Sultan. 2007. Manajemen Sumber Daya Aparatur dalam Peny¬elenggaraan Good Governance. Jurnal Ilmu Administasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi, Vol.15, No.2 (Mei).
DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v6i1.281
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: