METODE STRUCTURAL EQUATION MODEL (SEM) PADA PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PEMESANAN MAKANAN ONLINE

Yulisa Gardenia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kualitas situs web terhadap loyalitas dan menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas. Objek penelitian yang dipilih adalah pengguna website Pizza Hut Delivery. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel kualitas situs (webqual), kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dan loyalitas pengguna (customer loyalty). Penelitian ini menggunakan quesioner dengan 250 responden. Analisis kualitas situs web pemesanan pizza online pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model dengan pengukuran menggunakan metode webqual. Hasil analisis pada pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa website quality terbukti berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty dan customer satisfaction terbukti berpengaruh terhadap customer loyalty.

Kata Kunci : Delivery Order, Website Quality (Webqual), Customer Satisfaction, Loyalty, SEM (Structural Equation Model)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fornell, C. A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience. Journal of Marketing. 1992. Ghozali, Imam. Model Persamaan Struktur: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver.5.0, Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, Semarang. 2004 Hair, J., Black, B., Babin, B., Anderson, R., & Tatham, R. Multivariate data analysis. (6th ed). New Jersey: Prentice Hall. 2006 Nawangsari, Sri, Sugiarto, Toto, Natalisa, Diah, Amalia, Dina, dan Prasetyo, Eri. (2013). Analisis Korelasi Kualitas Web Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Salah Satu Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah Tiga. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) Yogyakarta. 2013. Santoso, S. Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 22, Elex Media Komputindo, Jakarta. 2014. Wicaksono, Budi Luhur dan Susanto, Adhi. Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode Webqual Modifikasian dan Importance Performance Analysis. JNTETI, Vol.2, No. 2. 2013.

Zeithaml, V.A., Berry, L.L., & Parasuraman, A. The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing. 1996.




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v5i2.238

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: