Perancangan Aplikasi Kegawatdaruratan Terintegrasi "Sigap 24/7" dengan Pendekatan User Centered Design

Penulis

  • Wahyu Pratama Andhika Maheswara UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Alvian Jaya
  • Anggoro Adit Haptono
  • Iqbal Ramadhani Mukhlis
  • Prasasti Karunia Farista Ananto

DOI:

https://doi.org/10.35968/jsi.v12i2.1576

Kata Kunci:

Aplikasi Kegawatdaruratan User Centered Design Pelaporan Darurat Pelayanan Publik Aplikasi Mobile

Abstrak

Tingginya tingkat kegawatdaruratan di Indonesia, dengan rata-rata 2.500 bencana alam dan 18.000 kasus kecelakaan lalu lintas per tahun (BNPB, 2023), menuntut sistem penanganan yang responsif. Penelitian ini mengembangkan "Sigap 24/7", aplikasi kegawatdaruratan berbasis Android yang diuji coba pada 150 pengguna dengan pendekatan User-Centered Design (UCD). Hasil pengujian menunjukkan peningkatan efisiensi respon darurat sebesar 65% dibanding sistem konvensional, dengan waktu rata-rata pelaporan berkurang dari 4,2 menit menjadi 1,5 menit. Aplikasi ini menawarkan dua mode pelaporan: (1) layanan SOS dengan akurasi GPS 98,7% dalam radius 50 meter, dan (2) layanan Non-SOS yang meningkatkan kelengkapan data insiden sebesar 80% melalui formulir terstruktur. Uji coba multi-instansi melibatkan 5 lembaga darurat menunjukkan peningkatan koordinasi sebesar 72% dalam simulasi penanganan bencana. Evaluasi SUS (System Usability Scale) menghasilkan skor 86,4/100, menunjukkan tingkat penerimaan pengguna yang sangat baik. Solusi ini berpotensi mengurangi waktu respon darurat hingga 40% sekaligus meningkatkan akurasi data insiden untuk penanganan yang lebih tepat.

Referensi

Awaludin, M., & Amelia, L. V. (2022). Penerapan Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Lisrel Terhadap Perbedaan Tarif Penerbangan Pada Penumpang Domestik Di Bandara Halim Perdanakusuma. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 9(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v9i1.855

Awaludin, M., & Mantik, H. (2023). Penerapan Metode Servqual Pada Skala Likert Untuk Mendapatkan Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sistem Informasi Univesitas Suryadarma, 10(1).

Awaludin, M., Yasin, V., & Risyda, F. (2024). The Influence of Artificial Intelligence Technology, Infrastructure and Human Resource Competence on Internet Access Networks. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.25139/inform.v9i2.8109

Albar, R., & Affat, F. S. (2022). PANIC BUTTON EMERGENCY CALL CENTER BERBASIS ANDROID PANIC BUTTON EMERGENCY CALL CENTER BASED ON ANDROID. Journal of Informatics and Computer Science, 8(2).

Baso, K. J., Rindengan, Yaulie. D. y, & Sengkey, R. (2020). Perancangan Aplikasi Catering Berbasis Mobile. https://doi.org/https://doi.org/10.35793/jtek.v9i2.28986

Daffa, T., Dakhilullah, A., & Suranto, B. (2022). Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star.

Inggrit, Maruji, & Henny. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI PANIC BUTTON BERBASIS ANDROID DI KOTA KENDARI. 7(2). https://developer.android.com/studio/intro?hl=ID

Iqbal, M., Marthasari, G. I., & Nuryasin, I. (2020). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) pada Perancangan Aplikasi Darurat Berbasis Android. REPOSITOR, 2(2), 201–214.

Kaligis, D. L., & Fatri, R. R. (2020). PENGEMBANGAN TAMPILAN ANTARMUKA APLIKASI SURVEI BERBASIS WEB DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (Vol. 21). https://doi.org/https://doi.org/10.24853/justit.10.2.106-114

Kemen PU. (n.d.). SITABA V3 Sistem Tanggap Bencana.

Made, I., Mahardika, D., Afwani, R., & Albar, M. A. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelaporan Keadaan Darurat di Kota Mataram (Studi Kasus Nomor Panggilan Darurat 112) (Design of Emergency Reporting Information System of Mataram City (Case Study of Emergency Call Number 112)). http://jcosine.if.unram.ac.id/

Multazam, M., Paputungan, I. V, & Suranto, B. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design.

Nugraha, B., Cahyono, A. B., & Darminto, M. (2022). Aplikasi Geottagging Pelaporan Bencana. https://doi.org/10.12962/j23373539.v11i3.98569

Prasetiyo, T., Saragih, Y., Yusrodi, Bijokangko, R., & Baihaki. (2025). APPLICATION EMERGENCY PANIC BUTTON (AEPB) BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT ST. CAROLUS BOROMEUS-BELLO). R E L E (Rekayasa Elektrikal Dan Energi) : Jurnal Teknik Elektro, 8.

Pratama, S. Y., & Zaky, U. (2024). Analisis Pengembangan Aplikasi Darurat Berbasis Mobile Web dengan Pendekatan Next.js Technology. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 5(1), 207–215. https://doi.org/10.57152/malcom.v5i1.1697

Putri, N. A. (2024, February 7). Pengertian Metode Agile: Tujuan, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan. https://bie.telkomuniversity.ac.id/pengertian-metode-agile-tujuan-jenis-kelebihan-dan-kekurangan/

Rusmono, A. J., & Amin, M. S. (2024). RANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI KEAMANAN DARURAT, MEMINIMALISIR KORBAN KEJAHATAN DENGAN AKSES BANTUAN CEPAT (Vol. 14, Issue 1).

Saputro, A. D. L., Wibowo, S. A., & Faisol, A. (2023). RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID PEMANGGILAN AMBULAN DESA SIDOASRI. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 1).

Susilo, E., Danang Wijaya, F., & Hartanto, R. (2018). Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. In JNTETI (Vol. 7, Issue 2).

Tempo.co. (2024, December 15). Korlantas Rilis Data Kecelakaan Lalu Lintas 2024: Naik Nyaris 8 Kali Lipat, Korban Jiwa 27 Ribu. Tempo.Co.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Andhika Maheswara, W. P., Alvian Jaya, M. ., Adit Haptono, A., Ramadhani Mukhlis, I. ., & Karunia Farista Ananto, P. . (2025). Perancangan Aplikasi Kegawatdaruratan Terintegrasi "Sigap 24/7" dengan Pendekatan User Centered Design. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 12(2), 205–226. https://doi.org/10.35968/jsi.v12i2.1576