Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Penggunaan MyBCA Menggunakan TAM

Penulis

  • Wahyu Pratama Andhika Maheswara UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Muhammad Alvian Jaya
  • Anggoro Adit Haptono

DOI:

https://doi.org/10.35968/jsi.v12i2.1541

Kata Kunci:

Perbankan Digital, Technology Acceptance Model, Generasi Z, MyBCA, Niat Adopsi.

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi layanan perbankan dari konvensional ke digital. Generasi Z, sebagai generasi yang tumbuh terbiasa menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari menjadi target utama layanan ini. Dikarenakan, adopsi aplikasi mobile banking seperti MyBCA relatif tinggi. Dalam penelitian ini dilakukan analisa penyebab yang memengaruhi adopsi MyBCA oleh Generasi Z di Indonesia menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Data diperoleh dari responden melalui teknik purposive sampling dan dianalisis menggunakan SEM. Berdasarkan data karakteristik responden, diketahui bahwa mayoritas peserta penelitian merupakan mahasiswa (61%) yang tergolong dalam kategori usia Generasi Z. Sebagian besar dari mereka tercatat menggunakan aplikasi MyBCA secara rutin, yaitu sebanyak 1–2 kali per minggu (64,3%). Variabel Perceived Ease of Use, Perceived Credibility, dan Normative Pressure tidak memengaruhi secara signifikan terhadap Attitude Toward Use. Attitude Toward Use tidak memengaruhi Adoption Intention secara signifikan. Temuan ini memberikan masukan bagi pengembangan strategi peningkatan adopsi mobile banking di kalangan Generasi Z.

Referensi

Afifah Rohmawati, Cris Kuntadi, & Rachmat Pramukty. (2023). Pengaruh E-Wallet, Mobile Banking, dan E-Money Terhadap Transaksi Bisnis Digital Pasca Covid-19. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 206–219. https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.1002

Arief Rafsanjani, M., Surjanti, J., Mustika Dewi, R., & Srisuk, P. (n.d.). Research Trend on Digital Financial Services in Developing Countries in the Last Five Years (2020-2024). International Journal Business, Management and Innovation Review, 2(1), 80–96. https://doi.org/10.62951/ijbmir.v2i1.79

Arifin, Moh., Muhtadi, R., Mi’raj, D. A., Fatimah, S., & Hannan, Abd. (2023). Determinants of Customer Decisions to Save at Sharia Digital Banks. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 7(2), 182. https://doi.org/10.30983/es.v7i2.7608

Awaludin, M. (2023). Perancangan Sistem Informasi Cuti Karyawan Berdasarkan Siklus Hidup Pengembangan Sistem Di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 10(2), 139–146. https://doi.org/10.35968/jsi.v10i2.1083

Awaludin, M., & Amelia, L. V. (2022). Penerapan Structural Equation Modeling (Sem) Dengan Lisrel Terhadap Perbedaan Tarif Penerbangan Pada Penumpang Domestik Di Bandara Halim Perdanakusuma. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 9(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v9i1.855

Awaludin, M., & Ridyustia Raveena, R. (2021). Penerapan Metode Rational Unified Process Pada Knowloedge Management System Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Sekolah Menegah Atas. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(2), 159–170.

Awaludin, M., Yasin, V., & Risyda, F. (2024). The Influence of Artificial Intelligence Technology, Infrastructure and Human Resource Competence on Internet Access Networks. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.25139/inform.v9i2.8109

Awaludin, M., & Yolanda, N. E. (2018). Analysis of CEISA Services User Satisfaction Using the EUCS Method in The Directorate General of Customs and Excise. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 4. https://doi.org/10.28989/senatik.v4i0.274

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Accep Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.

Fahrur Riza, A., & Hafizi, R. (2019). Customers Attitude Toward Islamic Mobile Banking in Indonesia: Implementation of TAM. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 1(2), 75–84. https://doi.org/10.1108/AJIM.vol1.iss2.art1

Firmansyah, I. A., Yasirandi, R., & Utomo, R. G. (2021). The influence of efficacy, credibility, and normative pressure to M-banking adoption level in Indonesia. Procedia Computer Science, 197, 51–60. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.117

Hidayat, A. N. (2025, February 21). Pengguna MyBCA Didominasi Milenial, Fitur Paylater Tumbuh 184%. Wartaekonomi.Co.Id. https://wartaekonomi.co.id/read558583/pengguna-mybca-didominasi-milenial-fitur-paylater-tumbuh-184

Lavinda. (2022, January 13). Survei KIC: Gen Z Lebih Pilih Pakai e-Wallet Dibanding ATM Bank . Katadata.Co.Ic.

Londa, D. R., Worang, F. G., Arie, F. V, Londa, D. R., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). THE INFLUENCE OF PERCEIVED CREDIBILITY, PERCEIVED EASE OF USE, AND PERCEIVED USEFULNESS TOWARD CUSTOMER SATISFACTION IN USING BSGTOUCH. Jurnal EMBA, 10(4), 934–945. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43902

Mofokeng, T. E., Mbeya, S., & Maduku, D. K. (2024). Bitcoin adoption in online payments: examining consumer intentions and word-of-mouth recommendations. Future Business Journal, 10(1). https://doi.org/10.1186/s43093-024-00313-9

Moneter.id. (2024, July 11). Bank Digital Jadi Pilihan Gen Z Karena Dinilai Mudah dan Aman untuk Bertransaksi. Moneter.Id. https://moneter.id/bank-digital-jadi-pilihan-gen-z-karena-dinilai-mudah-dan-aman-untuk-bertransaksi?utm_source=

Nurahmasari, M., Silfiyah, S. N., & Pangaribuan, C. H. (2023). The Intention to Use Digital Banking Services among Gen Z in Indonesia Based on the Technology Acceptance Model (TAM) (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.51353/jmbm.v5i1.692

Pratama, J. (2024, June 14). Memahami Penggunaan Perbankan Digital Bagi Gen Z dan Milenial. MarkPlus.Inc. https://www.markplusinc.com/featured-insights/publications/memahami-penggunaan-perbankan-digital-bagi-gen-z-dan-milenial?utm_source

Puspadini, M. (2025, March 14). Transaksi Bank Digital Tumbuh 40,1%, Didominasi Gen Z & Milenial. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20250314201903-17-618812/transaksi-bank-digital-tumbuh-401-didominasi-gen-z-milenial?utm_source=

Rahadi, R. A., Putri, N. R. R., Soekarno, S., Da-Mayanti, S. M., Murtaqi, I., & Saputra, J. (2021). Analyzing cashless behavior among generation z in indonesia. International Journal of Data and Network Science, 5(4), 601–612. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.8.007

Saparudin, M., Indra, B., Sutia, S., Rahardjo, B., & Shultonnyck Adha. (2022). An empirical investigation of mobile banking adoption in Jakarta: Theory acceptance model.

Sumartini, A. R., Suprapti, N. W. S., Piartrini, P. S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2024). Digital financial literacy and self-efficacy in increasing intention to use digital bank with the technology acceptance model theory approach. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 11(6), 252–263. https://doi.org/10.21744/irjmis.v11n6.2474

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-01

Cara Mengutip

Andhika Maheswara, W. P., Alvian Jaya, M. ., & Adit Haptono, A. . (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Penggunaan MyBCA Menggunakan TAM. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 12(2), 164–181. https://doi.org/10.35968/jsi.v12i2.1541

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama