APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK BERBASIS ANDROID BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Abdul Jamila, Nurul Annisatun Ni’mah, Nur Kumala Dewi, Dedi Setiadi, Noor Permadi

Sari


Fasilitas proses belajar mengajar yang memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran disebut media pembelajaran. Pembelajaran alat musik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SD N Jatisawit 02 masih menggunakan media buku, sehingga masih sulit bagi anak-anak dapat mempelajari alat musik karena media pembelajaran buku tidak dapat mengeluarkan bunyi dari alat musik tersebut, kemudian sekolah belum memungkinkan untuk memiliki setiap alat musik dan keterbatasan guru dalam memainkan alat musik. Metode penelitian dan pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan sistem ADDIE. Pembuatan aplikasi pengenalan alat musik ini untuk membantu proses pembelajaran serta menambah wawasan bagi siswa Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: R&D, model ADDIE, media pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abraham, J., & Ismail, I. E. (2021). Unit Testing dan User Acceptance Testing pada Sistem Informasi Pelayan Kategorial Pelayanan Anak. Repository PNJ.

alamsyah firdaus, muhammad taufiq, milah nurkamilah. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Presensi Siswa Berbasis Web Dengan Menggunakan Model Addie. Jurnal PRODUKTIF, 6(1), 537–547.

angga, cucu suryana, ima nurwahidah, D. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Ceureukeh, C. (2022). Kajian organologi alat musik tradisional canang ceureukeh. 1(4).

Dahlan, U. A. (2022). DEVELOPMENT OF MEDIA BASED ON CODULAR APPLICATIONS IN LEARNING PERSUASION TEXT IN CLASS VIII SMP PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS APLIKASI KODULAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI DI SMP KELAS VIII masa . Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah banya. 10, 32–41.

Gunawan, H., Esabella, S., Informatika, P. S., Teknik, F., & Sumbawa, U. T. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL. 18(1), 73–85.

Hanafri, M. I., Iqbal, M., & Prasetyo, A. B. (2019). Perancangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Komputer Dasar Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 9(1). https://doi.org/10.38101/sisfotek.v9i1.237

Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076

Informatika, J., Lunak, P., Informatika, J., Lunak, P., Rianto, N., Sucipto, A., … Indonesia, U. T. (2021). Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android ( Studi Kasus : SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan ). 2(1), 64–72.

Maulana, M. I., & Junianto, E. (2022). PENERAPAN MODEL ADDIE DALAM PEMBUATAN PERMAINAN EDUKASI BAHASA INGGRIS. 4(1), 12–22.

Priyanti, R., & Awaludin, M. (2016). Penerapan User Acceptance Test Untuk Perancangan Dan Pembangunan Sistem Pemesanan Obat Studi Kasus Pada Poliklinik Pratama Jakarta. 9(2).

Putra, W. A., Fitri, I., & Hidayatullah, D. (2022). Implementasi Waterfall dan Agile dalam Perancangan E-Commerce Alat Musik Berbasis Website. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(1), 56–62. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i1.380

Rumetna, M. S., Lina, T. N., & Santoso, A. B. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Research and Development. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 11(1), 119–128. https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3731

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119

Sofiudin, M., Akhriza, T. M., & Widarti, D. W. (2019). Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Buku Pengenalan Alat Musik Modern Untuk Anak. Jurnal Teknika, 11(1), 1050. https://doi.org/10.30736/jt.v11i1.281

Syamsiani Syamsiani. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 35–44. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v11i1.1132

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: