PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MENGENAL ALAT MUSIK BERBASIS ANIMASI INTERAKTIF
Sari
Abstract
Abstrak – Game edukasi merupakan permainan yang dikemas untuk merangsang daya pikir dan termasuk salah satu cara untuk melatih meningkatkan konsentrasi penggunanya (anak-anak). Pemanfaatan teknologi Game edukasi pada proses belajar mengajar anak merupakan salah satu cara yang tepat, karena Game edukasi sebagai media visual memiliki kelebihan dibandingkan dengan media visual yang lain. Selain itu Game edukasi mengajak pemainnya untuk turut serta dan andil dalam menentukan hasil akhir dari Game tersebut. Metode pengembangan animasi edukasi menggunakan menggunakan model prototyping diantaranya pengumpulan kebutuhan, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, Implementasi sistem dengan menggunakan quesiner, metode pengujian aplikasi game edukasi menggunakan metode blacbox testing dan whitebox testing.
Kata kunci: edukasi game,alat music, berbasis interaktif.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, R., & Chandra, A. (2017). Analisis Implementasi Game Edukasi “The Hero Diponegoro” Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Attaroqie Malang. Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, Dan Implementasi, 1–84.
Awaludin, M., & Mantik, H. (2023). PENERAPAN METODE SERVQUAL PADA SKALA LIKERT UNTUK MENDAPATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPUASAN PELANGGAN Muryan Awaludin 1 , Hari Mantik 2 , Fadli Fadillah 3 1. Jurnal Sistem Informasi Univesitas Suryadarma, 10(1).
Awaludin, M., & Yolanda, N. E. (2018). Analysis of CEISA Services User Satisfaction Using the EUCS Method in The Directorate General of Customs and Excise. Conference SENATIK STT Adisutjipto Yogyakarta, 4. https://doi.org/10.28989/senatik.v4i0.274
Budiarto, M., & Bella, U. (2018). Media Promosi Dan Informasi Pada Pt. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cices. 217–227.
Gulo, S., & Simamora, R. J. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrai Rawat Inap Dan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Umum Siti Hajar. Methomika: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 30–42.
Hamka A. W., & Gani, A. (2016). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Web Dan Android Menggunakan Adobe Flash Cs5 Dan Action Script 3.0. Ijis-Indonesian Journal On Information System.
Novitasari, C. (2020). Pengertian Metode Prototype.
Nugroho, D. A., Harmastuti, H., & Uminingsih, U. (2017). Membangun Game Edukasi “Mathematic Maze” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 67–77.
Rahman, F., Ardipal, A., & Yensharti, Y. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Smp Negeri 1 Sungayang Kab. Tanah Datar. Jurnal Sendratasik, 43–51.
Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 184–190. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.184
Syahrin, A. (2017). Analisis Perencanaan Pemeliharaan Jalan Tol Purbaleunyi Pt. Jasa Marga (Persero) Tbk. Bandung Dalam Rangka Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi. Universitas Widyatama.
DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v10i2.1079
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: