Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan Dengan Metode Analytical Hierarchy Proses (Ahp)

Jehan Saptia Kurnia, Betesda Sinaga

Sari


Tercapainya tujuan perusahaan tidak hanya tergantung pada teknologi, tetapi tergantung pada manusia yang melaksanakan pekerjaannya. Kemampuan karyawan memberikan hasil kerja yang baik dalam memenuhi kebutuhan organisasi secara keseluruhan merupakan kontribusi dari kinerja karyawan. Kinerja dapat diketahui dan diukur melalui individu ataupun sekelompok karyawan yang telah mempunyai kriteria atau standar keberhasilan sesuai dengan yang ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan dapat dilakukan dengan adanya kenaikan jabatan. Sistem pendukung keputusan (SPK) merupakan penerapan informasi yang ditujukan hanya sebagai alat bantu manajemen dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan kriteria. Hasil dari sistem berupa perangkingan dari hasil perhitungan bobot pada kriteria. Hasil dari pengambilan keputusan dari Sistem Pendukung Keputusan ini dapat mempermudah dalam menentukan karyawan yang akan di promosikan untuk kenaikan jabatan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


accurate.id. 2021. Promosi Jabatan : Ini 7 Pertimbangan dan Alasan Pentingnya Promosi Jabatan. https://accurate.id/marketing-manajemen/promosi-jabatan/. Diakses pada 4 Desember 2022.

Binus.ac.id. 2021. Konsep AHP (Analytical Hierarchy Process). https://binus.ac.id/malang/2021/06/konsep-ahp-analytical-hierarchy-process/. Diakses pada 04 Desember 2022.

Diana. 2018. Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Idtesis.com. 2018. Pembahasan Lengkap Teori Analytical Hierarchy Process (AHP) menurut Para Ahlidan Contoh Tesis Analytical Hierarchy Process (AHP). https://idtesis.com/pembahasan-lengkap-teori-analytical-hierarchy-process-ahp-menurut-para-ahli-dan-contoh-tesis-analytical-hierarchy-process-ahp/. Diakses pada 04 Desember 2022

Riadi, Muchlisin., 2022, Sistem Pendukung Keputusan, https://www.kajianpustaka.com/2022/02/sistem-pendukung-keputusan-spk.html diakses pada tanggal 30 November 2022.

Sari, Febriana.2018. Metode dalamPengambilan Keputusan. Yogyakarta : Deepublish.

Widoproyo, Dianggara Resanda. Et al. 2022. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Promosi Jabatan Menggunakan Metode AHP dan SMART. Gresik : Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON) Vol. 3, No.3 Maret 2022. e-ISSN : 2685-998X

M. Awaludin, “Application Of Analytical Hierarchy Process Method For Employee Performance Evaluation At Pt Xyz,” JSI (Jurnal Sist. Informasi) Univ. Suryadarma, vol. 7, no. 1, pp. 137–150, 2020.




DOI: https://doi.org/10.35968/jsi.v10i1.1001

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: