PROSEDUR PENANGANAN BERAT DAN KESEIMBANGAN PESAWAT GARUDA GA 320 PADA SAAT TAKE OFF DAN LANDING DI UNIT LOAD CONTROL PT GAPURA ANGKASA

Tri Susilowati, Dila Nurfadilah

Sari


Keseimbangan pesawat terbang sangat mempengaruhi penerbangan, dimana jumlah penumpang dan bagasi yang dibawa oleh penumpang. Prosedur penanganan keseimbangan pesawat tersebut dapat diwujudkan dengan adanya petugas load control yang bertugas untuk mempersiapkan, mengontrol dan membuat dokumen muatan pesawat atau unit yang menerima data – data pesawat dan muatan dari beberapa bagian yang terkait, yang kemudian harus di hitung untuk mendapatkan keseimbangan pesawat (Weight and Balance) yang optimum mengacu pada dua aspek yaitu Safety dan Economical operation yang telah ditetapkan oleh PT. Gapura Angkasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penanganan berat dan keseimbangan pesawat Garuda GA 320 Pada Saat Take Off  dan Landing di Unit Load Control PT Gapura Angkasa sesuai dengan prosedur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif melalui studi pustaka, literature, dan pengamatan umum di lapangan. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif kualitatif. Landasan teori yang digunakan adalah teori studi pustaka. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan petugas Load Control melakukan perhitungan berat pesawat saat ini sudah menggunakan sistem komputer. Di mana semua data bisa di input melalui ALTEA informasi lengkap semua sudah tertera mulai dari jumlah penumpang, bagasi, cargo dan lainnya. Petugas load control harus mampu berkoordinasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan PT. Gapura Angkasa  dan pelaksanaan mengacu kepada SOP (Standard Operating Procedure) load control.

 

Kunci: Prosedur; Petugas; Keseimbangan; Penanganan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kamus Besar bahasa Indonesia 2010:1533, Jakarta: Balai Pustaka,

Wijaya, Darma dan Roy Irawan. 2018. Prosedur Administrasi Penjualan

Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat

Keterangan Baggage Irregularity mengacu pada “IATA Irregularity Code”

Maulana, Dhani. 2019.” Weight and Balance”, https://indoaerodynamic.blogspot.com/2019/08/weight-and-balance/html?m=1” (di akses pada 01 Agustus)

Nugroho, Fadjar. 2013.” Weight&balance : Berat pesawat”, http://www.ilmuterbang.com/artikel-mainmenu-29/teori-penerbangan-mainmenu-68/712-weightabalance-berat-pesawat

Pengendalian Penanganan Pesawat dan Penanganan Muatan Pesawat Udara, WI-CGK-MO-02/ Rev.00

Soekarsono, J M Bambang.2020. “Bobot dan Keseimbangan”. (PDF File). Availabe form Ir__J_M_BAMBANG_SOEARSONO_MM_20032020185831_1_Pengetahuan_Umum_Tentang_Penerbangan_1.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan menetapkan : UU No.1 tahun 2009, pasal 1 (1) penerbangan adalah salah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pemanfaatan

www.gapura.id/wp-content/uplods/2016/03/Anual-Report-GP-2015.pdf (diakses pada bulan April)

www.gapura.id/Company-Profile-GP-INDONESIA-edit-12-feb-2020-Copy2-1.pdf (diakses pada bulan februari)




DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v13i2.939

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: