PERANAN MANAJEMEN STRATEGI PERUSAHAAN PENERBANGAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN INDUSTRI JASA ANGKUTAN UDARA

Sugiarti Sugiarti

Sari


ABSTRAK

Manajemen strategi perusahaan penerbangan dalam situasi sebelum pandemi Covid 19 sudah diterapkan dengan baik. Manajemen strategi merupakan suatu sistem yang digunakan sebagai satu kesatuan dari semua aspek yang ada dalam organisasi perusahaan penerbangan. Peranan manajemen strategi dalam perusahaan penerbangan mempunyai andil yang cukup besar untuk mempertahankan eksistensi perusahaan penerbangan khususnya dalam menghadapi tantangan yang timbul akibat adanya pandemi Covid 19. Kebijakan perusahaan penerbangan berkaitan dengan manajemen strategi dalam menghadapi perubahan industri jasa angkutan udara meliputi penerapan strategic flexibility yaitu membuat produk baru yang ditawarkan kepada konsumen, mewujudkan strategic intent sebagai upaya pengelolaan sumber daya, kemampuan, dan kompetensi inti yang dimiliki perusahaan untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan pada persaingan yang ketat, dan membuat strategic mission yang baik dengan kemampuan dan tanggung jawab terhadap pemberian pelayanan yang bermutu atas produk barunya kepada konsumen dan mitra bisnisnya dan menjamin kepuasan pengguna produk sebagai upaya menghadapi tantangan akibat adanya pandemi Covid 19 dan mempertahankan citra perusahaan penerbangan.

 

Kata kunci : strategi, manajemen strategi, industri jasa angkutan udara


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


• Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

• David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis. Jakarta, Salemba Empat

• Hariadi, Bambang. 2003. Strategi Manajemen : Strategi Memenangkan Perang Bisnis. Malang, Bayu Media.

• Mulyadi. 2001. Sistem Perencanaan & amp ; Pengendalian Manajemen. Jakarta, Salemba Empat

• Taufiqurokhman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

• Yowanda, H.B., & Mawardi., M. Kholid (2017). Strategi Pemasaran Penerbangan Berkonsep Low Cost Carrier (LCC) dan Daya Saing Perusahaan (Studi Pada Maskapai Penerbangan PT Garuda Indonesia Citilink). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51 No. 2 Oktober 2017. Malang. Universitas Brawijaya.

• https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/28/165000165/6-maskapai-yang-mem-phk-karyawan-akibat-pandemi-corona?page=all

• https://ekbis.sindonews.com/read/216360/34/maskapai-racik-ulang-strategi-bisnis-1604247114?showpage=all

• https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210210/2036953/rapid-diagnostic-test-antigen-resmi-digunakan-untuk-penyelidikan-epidemiologi/

• https://economy.okezone.com/read/2020/05/02/320/2208023/maskapai-kursi-kosong-beralih-angkut-kargo-ini-7-faktanya

• https://www.beritatrans.com/artikel/206632/Tahun-2020-Lufthansa-Justru-Raih-Laba-Gede-dari-Penerbangan-Kargo-akan-Tambah-Boeing-777/

• https://aeroindomagz.com/64084/kargo-citilink-capai-rekor-revenue-tertinggi.html




DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v12i2.749

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: