MENGHITUNG DISTRIBUSI TEKANAN UDARA DAN GAYA HAMBAT (DRAG) KEPALA PESAWAT BOEING 777-200
Sari
Abstrak:
Suatu benda berada pada suatu aliran udara, maka akan terjadi gaya geser atau gesekan antara partikel-partikel udara dengan permukaan benda yang dilaluinya. Sehingga akan berpengaruh terhadap distribusi tekanan yang terjadi di sepanjang permukaan benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perubahan distribusi tekanan udara disekitar kepala pesawat jenis Boeing 777-200 terhadap perubahan sudut serang dan perubahan kecepatan serta mengetahui perbedaan besarnya gaya hambat yang terjadi terhadap perubahan sudut serang dan kecepatan. Dengan menggunakan metode numerik maka akan diperoleh hasil berupa distribusi tekanan udara yang terjadi di sekitar permukaan atas, depan dan bawah benda uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi yang terjadi di sekitar benda uji dipengaruhi oleh bentuk dari benda uji dan sudut serang yang diberikan pada benda uji. Pada kepala pesawat Boeing 777-200, semakin besar sudut serang maka besarnya gaya hambat akn meningkat. Gaya hambat pada benda uji kepala Boeing 777-200 diperoleh hasil berkisar antara 0.0013 – 0.0027 N.
Kata Kunci: Distribusi Tekanan Udara, Gaya Hambat.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
. Anderson,John D.1991. Fundamentals of Aerodynamics. Mc Graw Hill Inc., New York: 772 hlm.
. Anderson,John D.1991. Computational Fluid Dynamics. Mc Graw Hill Inc., New York: 547 hlm.
. Bertin, J. J. & Smith, M.L. 1989. Aerodynamics For Engineers. Prentice-Hall Inc, New Jersey: 576 hlm
. Currie, I.G.1993. Mechanics of Fluids. Mc Graw Hill Inc., New York: 454 hlm.
. Garde,R.J. & A.G. Mirajgacker.1983. Engineering Fluid Mechanics. NEM Chand & Bros. India: 718 hlm.
. Hoerner, Sighard F. 1965. Fluid-Dynamic Drag. Gibbs & Cox, Inc., New York City: 658 hlm.
. Mathews, John H. 1992. Numerical Methods. Prentice Hall Inc. New York: 646 hlm.
. McCormick, Barners W. 1979. Aerodynamics, Aeronautics, And Flight Mecanics. John Wiley & Sons Inc, Canada: 652 hlm, 50-51
. NASA. 2002. Incompressible Flow Around A Cylinder and A Wing Section. http://www.allstar.fiu.edu/aeronautic/fluidynamics/level3, 27 Mei 2006.
DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v5i1.562
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by: