PENERAPAN METODE WEBQUAL DAN ANALYTICAL HIERARKI PROCESS PADA ANALISIS KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING

Yulisa Gardenia

Sari


Internet banking merupakan layanan perbankan yang dibuat untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara online dengan cepat dan aman serta dapat diakses dari berbagai media seperti komputer, laptop dan smartphone. Berbagai fitur dalam internet banking disediakan secara lengkap agar nasabah tidak perlu datang ke Bank yang dituju untuk melakukan transaksi. Hanya dengan mengklik pada layar komputer, laptop atau smartphone, kita dapat melakukan semua transaksi sesuai kebutuhan kita. Dengan adanya layanan internet banking ini, diharapkan mampu meningkatkan kepuasan nasabah sehingga membuat loyalitas nasabah semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kriteria apa saja yang sangat mempengarui kepuasan nasabah dalam menggunakan internet banking sehingga membentuk loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa layanan perbankan secara online. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode AHP untuk mengolah kriteria yang terdiri dari kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi dan keseluruhan berkaitan erat dengan alternatif yang digunakan yaitu kepuasan dan loyalitas nasabah dalam menggunakan internet banking.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rohayani, Hetty dan Afrizal.J. Analisis Kualitas Pelayanan dengan Metode Servqual dan AHP pada dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muora Jambi. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI).2012

Saaty, T.L. The Analytic Hierarchy Process,McGraw-Hill, New York.1980

Siska, Saprida. Model Pengukuran Kualitas Layanan Nasabah Internet Banking Dengan Metode E-Servqual. Tesis Universitas Gunadarma.2015

Yusnaini. Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada Bank Swasta, Jurnal Dinamika Akuntansi 2 (1): 2. 2010




DOI: https://doi.org/10.35968/jmm.v10i1.292

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: