PENGARUH PEMAHAMAN E- FILLING DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA SAWAH BESAR DUA JAKARTA

Tutik Siswanti, Teguh Bayu Nugroho

Sari


Tujuan pada  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman e- filling dan kesadaran wajib pajak  terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 99 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel penelitian yang bersangkutan.

Teknik analisis data yang yang digunakan  adalah regresi linier berganda. Uji hipotesisi parsial dengan membandingkan thitung dan ttabel, sedangkan uji hipotesisi simultan, dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel. Koefisien determinasi (R Square)  untuk menjelaskan kemampuan varian dari variabel bebas dalam menjelaskan variasi variabel terikat.

Hasil Penelitian diperoleh model persamaan regresi Y= 8,242+0,290X1 + 0,413X2. Persamaan tersebut menjelaskan bahwa varaibel bebas pemahaman e- filling dan kesadaran wajib pajak  memiliki hubungan positif dan berbanding lurus dengan kepatuhan wajib pajak orang pribadi.  Hasil Uji hipotesis menyimpulkan bahwa variabel pemahaman e- filling dan kesadaran wajib pajak  berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi , baik secara parsial dan simultan. Koefisien determinasi (R Square) variabel bebas mampu menjelaskan varian dari variabel terikat sebesar 36,5%.

 Kata Kunci: Pemahaman E- filling, Kesadaran wajib pajak, Kepatuhan wajib pajak orang pribadi


Referensi


Abdul Rahman. (2012). Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis dan Perusahaan. Bandung : Nuansa.

AF. (2014). Kemkeu: Penerimaan Pajak Baru Rp.2.483 Triliun. Di ambil dari www.pajak.go.id./ekonomi/213755-dirjen-pajak-penerimaan-pajak-baru-rp-2.483- triliun.html diakses pada tanggal 26 November 2016 pukul 15.21 WIB.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ayu Ika Novarina. (2005). “Implementasi Electronic Filling System (E-Filling) dalam Praktik Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) di Indonesia”. Tesis. Program Studi Pasca Sarjana Magister Kenotariatan. Universitas Diponegoro Semarang.

Bambang Prasetyo & L.M. Jannah (2005). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Danang Sunyoto. 2014 . Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program. IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Diana Sari. (2013). Konsep Dasar Perpajakan. Bandung : PT.Refika Aditama.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program. IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Husein Umar. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Menggunakan E-Faktur Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember)”. Artikel Ilmiah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Jember (UNEJ)

Nur Indriantoro & Bambang Supomo. (2009). Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Sri Nurhidayah. (2015). “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Pemahaman Internet sebagai Variabel Pemoderasi pada KPP Pratama Klaten”. Skripsi. Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sri Rahayu & Ita Salsalina Lingga. (2009). “Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak”. Jurnal Akuntansi. Vol.1.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Surya Manurung. (2013). Kompleksitas Kapatuhan Perpajakan. Di ambil dari www.pajak.go.id/content/e-jurnal/kompleksitas-kepatuhan-pajak.




DOI: https://doi.org/10.35968/.v3i1.710

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: