MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN DI ERA GLOBAL MELALUI E-COMMERCE

Hanung Eka Atmaja, Dian Marlina Verawati

Sari


Perkembangan zaman atau yang disebut dengan era globalisasi turut mempengaruhi perkembangan transaksi jual beli yang terjalin antara penjual dengan pembeli. Perkembangan zaman ini mampu membuat penjual dan pembeli tidak harus bertemu langsung untuk melakukan transaksi. Pembeli dapat membeli barang atau akan menggunakan jasa sesorang wirausaha melalui aplikasi yang terdapat di internet yang dapat diakses melalui gawai berbasis android atau sejenisnya. Hal ini memudahkan konsumen untuk membeli keperluan atau keinginannya di mana pun ia berada. Aplikasi yang dapat memudahkan konsumen tersebut dikenal dengan perdagangan elektronik (e-commerce).Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana pemanfaatan e-commerce, dan seberapa besar kontribusi pemanfaatan e-commerce terhadap perilaku berwirausaha. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui e-commerce dapat memberikan peluang seseorang untuk menjadi seorang wirausaha.

 

Kata Kunci : Kewirausahaan, E-commerce


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti, 1(2), 131–136.

Alma, B. (2010). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta

Arifianto, E. Y., & Choiri, M. (2018). Pemanfaatan E-commerce dalam Pembelajaran Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 77–85.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, (November), 95–112.

Listianto, F., Fauzi, Irviani, R., & Kasmi. (2017). Aplikasi E-commerce Berbasis Web Mobile pada Industri Konveksi Seragam Drumband di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal TAM, 8(2), 146–152

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web Ecommerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 6–15.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.

Pradana, M. (2015). Klasifikasi Bisnis E-commerce di Indonesia. Jurnal MODUS, 27(2), 163–174.

Putra, D. E., Astuti, E. S., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan terhadap Kemanfaatan, Minat, dan Penggunaan E-Commerce (Studi Kasus pada Pengguna Situs Olx.co.id). Jurnal Adminitrasi Bisnis (JAB), 21(2), 1–8.

Rekanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal EKBIS, 20(2), 1280–1289

Rochaida, E. (2016). Dampak Pertumbuhan Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Keluarga Sejahtera di Provinsi Kalimantan Timur. Forum Eonomi, 18(1), 14–24.

Seprina, I., Suroyo, H., & Komalasari, D. (2017). “Motivasi Penggunaan ECommerce dalam Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya.” Makalah. Prosiding Seminar Nasional Sisfotek Oleh Ikatan Ahli Informatika Indonesia., 31–36

Syahrin, M. A. (2017). Refleksi Teoretik E-contract: Hukum yang Berlaku dalam Sengketa Transaksi Bisnis Internasional yang Menggunakan E-commerce. LEX LIBRUM: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 475–494.

Srisadono, W. (2018). Strategi Perusahaan E-commerce Membangun Brand Community di Media Sosial dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 167–179.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Terhadap Sikap serta Perilaku Konsumen pada E-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 26.

Yulianto, Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, Azhari, I. A., & Saputra, R S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet sebagai Media Transaksi E-commerce dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. Makalah. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6–8

Zhang, X., & Cao, G. (2018). Educational Structure of Resident , E-commerce Transactions and Residents ’ C onsumption- Empirical Analysis based on Synergistic and Mediating Effects. Educational Sciences: Theory & Practice.




DOI: https://doi.org/10.35968/jbau.v6i1.626

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by: